Datangnya musim atau cuaca panas, menjadikan tubuh banyak kehilangan cairan disebabkan banyaknya keringat yang keluar, karena itu kita perlu menyesuaikan menu makanan yang rasanya asam, misalnya tomat, jeruk, strawberi, prem selai, anggur, nanas, mangga, dan jenis buah-buahan actinidia chinensis, rasa asam mereka (baca: buah) dapat mengekang keringat menghentikan cairan dan menghilangkan kelembaban, dapat mencegah keluar keringat berlebihan dan juga dapat menghasilkan cairan tubuh dan melepas dahaga, menguatkan lambung mencerna makanan. Jika ditambah dengan sedikit cuka pada lauk pauk, asam cuka bahkan dapat membunuh kuman dan mencegah timbulnya penyakit lambung dan usus. Secara ilmiah aneka jenis makanan seperti tersebut di atas, bisa secara maksimal memenuhi kebutuhan jantung dan limpa terhadap berbagai macam zat gizi.

Di musim panas yang paling dibutuhkan adalah keseimbangan gizi secara menyeluruh. Di dalam lingkungan bersuhu tinggi, pengausan zat gizi di dalam tubuh sangat besar, selain makan 3 kali sehari, masih perlu memperhatikan makanan dari sayur-mayur, buah-buahan juga dilengkapi dengan tambahan vitamin C, B1, B2 dan A, D, orang yang banyak kehilangan zat kalsium, harus dilengkapi dengan persediaan kalsium yang bermutu tinggi.

Para pelajar dan orang tua khususnya, harus menjaga agar cukup tidur dan tidak begadang.