Sulit tidur atau tidur tak lelap hampir tiap malam? Jangan terburu minum pil tidur. Ada sejumlah makanan bernutrisi tinggi yang bisa bikin tidur nyenyak. Mulai dari sereal, kacang-kacangan hingga madu. Tidur pulas dan tubuh bugar bisapun didapat.

Tidur nyenyak merupakan hal berharga buat pertumbuhan sel-sel tubuh, termasuk sel otak. Untuk melakukan pemulihan atau relaksasi. Karena itu, tidur yang kurang nyenyak bahkan insomnia bisa membuat tubuh jadi lemas, pusing dan sulit berkonsentrasi.Beberapa makanan bernutrisi tinggi ini bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Telur rebus
Kandungan protein yang tinggi pada telur membantu memperbaiki tidur dan mempertahankan kebugaran tubuh, sehingga memberikan perlindungan lengkap. Namun, jika anda penderita kolesterol tinggi, baiknya makan putih telurnya saja.

Almond
Almond memiliki kandungan magnesium dan sejumlah protein yang bisa membantu tidur lebih nyenyak. Juga memicu relaksasi otot serta membuat kadar gula darah stabil selama tidur. Makanlah almond 2-3 jam sebelum tidur.

Popcorn
Popcorn mengandung cukup karbohidrat yang bisa membantu memenuhi asupan triptofan (asam amino) bagi otak. Inilah yang dipakai untuk menghasilkan serotonin dan baik untuk merangsang tubuh untuk tidur. Jadi, tidak masalah untuk ngemil popcorn sebelum tidur, asalkan tanpa tambahan mentega atau gula.

Sereal
Sereal rendah gula dapat membantu tidur lebih nyenyak. Campurkan sereal dengan yoghurt, sebab kombinasi keduanya bisa membantu mengaktifkan zat serotonin di otak yang berfungsi untuk membuat mood stabil dan bikin tidur lelap.

Madu
Tambahkan madu pada teh favorit atau saat menikmati roti. Rasa manis pada madu tidak hanya enak, tetapi juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur. Sifat merangsang tidur pada madu, bisa jadi solusi tepat bagi penderita insomnia.