Vitamin dan mineral yang dibutuhkan atau dibatasi oleh ibu hamil dan menyusui:

? Protein
o Untuk pertumbuhan sel-sel janin.
o Membantu produksi air susu berkualitas.

? Kalsium dan Magnesium
o Penting untuk pembentukan tulang dan gigi pada bayi.
o Terlibat dalam produksi air susu ibu.
o Meransang kontraksi pada saat melahirkan.
o Mencegah osteoporosis.
Tulang dan gigi pada bayi dibentuk dengan kalsium. Kalau ibu hamil kekurangan kalsium, maka janin akan mengambil kalsium dari tulang ibu. Hal ini menyebabkan wanita yang pernah hamil lebih mudah terkena osteoporosis.

? Vitamin B complex
o Penting untuk pembentukan dan aktivitas sel genetik.
o Mencegah anemia.

? Omega 3
Omega 3 baik untuk ibu hamil, terutama kehamilan 4-6 bulan, karena mengandung DHA yang baik untuk pertumbuhan sel otak janin yang dikandungnya. DHA merupakan komponen yang menyusun lebih dari 60% lemak otak dan sistem saraf pusat.

? Zat besi dan Asam folat
o Mencegah terjadinya cacat saraf pada bayi.
o Produksi sel-sel darah merah.
o Pembentukan organ tubuh janin saat kehamilan dan masa menyusui.

? Vitamin A
Berdasarkan penelitian, bila wanita yang sedang hamil mengkonsumsi vitamin A dengan dosis lebih dari 50.000 IU selama beberapa bulan, bayi yang dilahirkan ternyata beresiko tinggi terkena cacat pada jaringan saraf.

? Beta karotin
Beta karotin adalah bentuk awal vitamin A atau retinal. Tubuh manusia memiliki kemampuan untuk mengubah beta karotin menjadi vitamin A apabila diperlukan. Tidak seperti vitamin A, beta karotin memiliki kemampuan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan karena radikal bebas. Selain itu, vitamin A cenderung beracun jika di konsumsi dalam jumlah berlebihan, sementara beta karotin tidak.
Selama ini keracunan akibat terlalu banyak mengkonsumsi beta karotin belum pernah terjadi. Namun perlu dibatasi konsumsi untuk ibu hamil supaya tidak berlebihan.