Makanan Sehat untuk Yang Muda
Pemerintah Jepang adakan kampanye makan sehat (Shokuiku) untuk selamatkan generasi muda Jepang dari ancaman penyakit degeneratif dan obesitas yang sebagian besar disebabkan pola makan yang tidak sehat.
Shokuiku untuk anak-anak diterapkan di sekolah, preschool dan daycare di seantero negeri. Tujuan program ini, membentuk kebiasaan makan sehat sejak dini dan kembali mengonsumsi makanan lokal yang terbukti menyehatkan.
Untuk anak usia dini, program yang diterapkan adalah memberi contoh cara makan yang baik dan membiasakan anak menikmati makanan serta tidak pilih-pilih makanan (picky eater).
Untuk murid kelas rendah, melatih anak memahami pentingnya nutrisi di dalam makanan, sehingga bisa menerapkan pola makan yang seimbang.
Murid kelas tinggi diajarkan pentingnya menerapkan pola makan yang seimbang, mengenali jenis-jenis makanan yang menyehatkan tubuh, mengetahui berat badan (BB) ideal untuk dirinya dan makan dalam porsi sesuai BB dan aktivitas.
Selain pemberian makan siang, program Shokuiku lainnya adalah merekrut guru nutrisi, mengadakan survey tentang gaya hidup dan pola makan anak, mengundang orang tua ke seminar atau diskusi tentang nutrisi dan kesehatan anak, menyelenggarakan acara memasak untuk ibu dan anak, serta mendorong anak terlibat dalam menyiapkan makanan di rumah, mengundang orang tua makan bersama anak di sekolah atau mengobservasi makan siang anak, menetapkan hari bento alias membawa bekal sehat dari rumah serta memuat informasi shokuiku di berbagai media massa.