Selama menyusui, seorang ibu membutuhkan kalori, protein, mineral, dan vitamin yang sangat tinggi. Mengingat ibu yang menyusui rata-rata memproduksi 800 ml ASI salam sehari, dengan kandungan kurang lebih 600 kalori, maka ibu menyusui perlu memperoleh tambahan makanan sebanyak 750 kalori/ hari. Agar kelenjar-kelenjar susu mampu mengeluarkan ASI, maka dibutuhkan tambahan lagi sebanyak 75 kalori/hari.

Untuk kebutuhan protein walaupun ASI sendiri susah mengandung 12% protein, ibu masih perlu menambahkan lagi dengan 25 gr protein/hari. Selain itu, karena ASI juga mengandung zat kapur (kalsium) yang diambil dari tubuh ibu, maka makanan ibu juga memerlukan tambahan zat kapur sebanyak 0,5 gr/hari. Ibu dapat memperolehnya melalui sumber makanan seperti susu, sayur-sayuran, dan ikan teri. Jangan lupa untuk menambahkan asupan tambahan zat besi sebanyak 5 mg.

Karena nilai vitamin yang terdapat dalam ASI sangat bergantung pada nilai vitamin dalam makanan ibu sehari-hari, maka ibu menyusui juga membutuhkan tambahan ekstra vitamin sebanyak 2500 IU Vitamin A, 0,4 mg Thiamin (Vitamin B1), dan 30 mg Vitamin C.