Makan siang di sekolah sangat penting karena makanan dapat memberi kekuatan bagi otak untuk mengikuti pelajaran di siang hari dan sebagai energi untuk aktivitas sepulang sekolah, menurut Terry Egan , ahli nutrisi, Universitas Missouri Extension.

Makanan menurut USDA's Child Nutrition Program, termasuk sarapan pagi dan makan siang, harus memenuhi persyaratan khusus untuk gizi seimbang dan kadar lemak. "Makan siang di sekolah harus bergizi dan tampilannya menarik," ujar Egan pula.

"Orang tua juga memainkan peranan penting dalam menciptakan lingkungan dengan nutrisi yang sehat di sekolah," terang Egan. "Bacalah menu secara hati-hati, kunjungi kantin, belilah makanan dan makanlah bersama anak Anda, dan bicarakanlah pada petugas servis makanan tentang perubahan sehat yang mereka buat."

Keluarga juga bisa memainkan peranan mereka dengan memberi bekal berupa makanan yang bernutrisi. Makan siang yang seimbang tersebut diantaranya termasuk menyediakan makanan yang mengandung biji-bijian, sayuran, buah, protein dan susu.

"Gampang saja seperti daging ayam dalam roti gandum dengan selada, tomat, apel dan sekotak susu memang dapat dibeli di kantin sekolah," ujar Egan. Namun sebagai variasi, orang tua dapat memilih bekal cracker dengan olesan selai kacang, irisan keju, wortel, dan sekotak jus 100% buah asli.

"Sangat penting memberikan anak-anak kalori dan nutrisi yang mereka butuhkan untuk meraih prestasi terbaik di sekolah baik dalam pelajaran maupun selama bermain. Orang tua dan staf sekolah harus bekerjasama untuk menyediakan pilihan yang sehat dalam lingkungan yang sehat pula," ujar Egan. http://food.detik.com