Walau usianya masih 1 tahun, si kecil harus diajak bermain lho! Banyak permainan dan kegiatan yang bisa bunda lakukan bersama si kecil di sekeliling rumah. Banyak hal yang dipelajari si kecil saat bermain bersama bunda!

1. Di taman

Mengenal tekstur daun dan bunga. Sentuhkan jemari si kecil pada aneka jenis daun segar, daun kering serta beragam bunga. Lepas alas kaki si kecil, ajak dia menginjak rumput, tanah, bebatuan dan pasir. Temukan juga batang pohon yang betekstur kasar dan halus. Minta si kecil memeluk dan mengusap-usap batang untuk merasakan keras, kasar maupun lembutnya tekstur pohon.

Ajak juga si kecil main ayunan untuk merasakan sensasi angin yang berhembus di kulitnya. Atau bermain bola, untuk mengasak cara si kecil menendang. Saat bermain bola, benda ini cenderung bergerak, sehingga dibutuhkan lebih dari sekedar ketepatan menendang, melainkan koordinasi mata dan kaki anak untuk mencapai bola dan mengarahkan tendangannya.

2. Di kamar mandi

Ajak si kecil memukul air dengan tangan dan kakinya. Biarkan ia memegang gayung atau shower untuk membasahi tubuhnya sendiri. Gunakan bubble bath juga agar ia merasakan air dan busa. Sediakan air dingin dan air hangat agar ia bisa membedakan suhu air. Permainan ini akan membantu si kecil mengenal tekstur air, suhu dan sifat air.

3. Di kamar tidur

Ambil kertas dan krayon, ajak si kecil corat-coret. Atau kalau memungkinkan, “korbankan” satu dinding di rumah bunda buat si kecil leluasa
beraksi corat-coret. Tembok kamar tidur bisa jadi pilihan karena biasanya merupakan area yang tidak terlihat oleh tamu. Menurut Beckey Bailey, PhD., penulis buku There’s Gotta Be A Better Way, anak-anak mencoret tembok di depannya karena posisi tersebut membuat koordinasi tangan dan maanya lebih baik dan terasa lebih nyaman.

Si kecil mulai senang menumpuk? Ajak si kecil menumpuk barang-barang yang lebih menantang dari mainan baloknya. Coba dengan bantal, kardus sepatu atau gelas plastik. Anak usia 1-2 tahun punya rasa penasaran yang tinggi lho bun!

Selamat bermain dengan si kecil!
- See more at: http://www.zwitsal.co.id/balita/balita-archive/166-main-yuk-sayang#sthash.kxh6tYAm.dpuf