Diambil dari http://www.foodforkids.biz/index1.php?view&id=200

Terdapat beberapa jenis ubi jalar jika dilihat dari warna daging buahnya, antara lain ubi merah/ungu, ubi kuning, dan ubi putih. Ubi jalar termasuk sumber karbohidrat yang kaya vitamin A dan beta karoten, khususnya yang berwarna merah (ubi jalar merah). Semakin merah warna pada ubi jalar menandakan adanya kandungan beta karoten dan antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Keutamaan ubi jalar merah yaitu kaya vitamin A yang berfungsi untuk kesehatan mata dan pertumbuhan. Dalam 86 g ubi jalar merah terdapat 963 mikrogram vitamin A (DKBM). Berdasarkan US Recommended Daily Allowance (RDA) kebutuhan vitamin A untuk bayi 6-12 bulan 350 mikrogram per hari, dan anak-anak berusia 1-3 tahun 300 mikrogram per hari (1.000 IU). Selain itu ubi jalar merah juga mengandung potasium, kalsium, zat besi, vitamin E, vitamin C, dan serat yang baik untuk kesehatan.

Ubi jalar merah dapat mulai diperkenalkan sejak usia bayi 6-7 bulan. MPASI dari pure ubi merah yang diencerkan dengan ASI memiliki rasa yang manis dan tekstur lembut. Cara mengolah ubi merah antara lain bisa dipanggang, dikukus, atau direbus. Jika di panggang, caranya cuci bersih ubi, kemudian bungkus kertas aluminium foil, kemudian tusuk-tusuk garpu, dan panggang selama 30 menit dalam oven 200 0C atau sampai matang. Setelah matang, buka kertas aluminium foil, ambil bagian dalam ubi merahnya, haluskan dan beri sedikit ASI untuk mengencerkan. Cara mengolah dikukus atau direbus yaitu ubi jalar dikupas kulitnya, potong-potong, dikukus atau direbus sampai empuk, angkat, setelah agak dingin, dihaluskan/diblender dengan penambahan sedikit air matang. Setelah halus encerkan dengan sedikit ASI. Untuk pemberian selanjutnya dapat dikombinasikan dengan buah, sayur, dan atau serealia lainnya. @felanesa