Memilih popok bayi bukan hal sepele dan harus dilakukan dengan cermat, karena kalau salah pilih, akibatnya dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Ada dua jenis popok, popok kain dan popok sekali pakai. Perhatikan poin-poin berikut sebagai bahan pertimbangan memilih popok.

Popok kain

Kelebihan:
Lebih hemat karena bisa digunakan berulang kali setelah dicuci
Menggunakan bahan yang relatif aman bagi kulit bayi
Karena mudah basah, bunda bisa segera mengganti popok sehingga kulit bayi terhindar dari ruam dan iritasi akibat urin dan feses bayi
Popok kain modern, yang biasa disebut cloth diaper/clodi, memiliki aneka warna dan motif yang menarik, sehingga si kecil tetap bisa bergaya hanya dengan menggunakan popok
Penggunaan popok kain akan memudahkan bunda melatih si kecil untuk bergegas ke toilet saat merasakan ingin buang air kecil. Karena dengan menggunakan popok kain, saat ia buang air kecil atau besar, ia akan langsung terasa tidak nyaman
Biasanya popok kain modern memiliki ukuran yang mudah disesuaikan dengan berat si anak, sehingga bisa digunakan sejak baru lahir sampai usia 2 tahun

Kekurangan
Tidak praktis karena harus dicuci dan membutuhan perawatan yang benar agar penyerapan popok tersebut terjaga dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.
Karena mudah basah, artinya bunda harus memiliki jumlah popok kain yang cukup banyak sebagai persediaan. Harus dipikirkan juga saat musim hujan ketika cucian tidak mudah kering, sehingga persediaan popok kering harus mencukupi kebutuhan si kecil.

Popok Sekali Pakai

Kelebihan:
Praktis karena tidak perlu mencuci dan bisa langsung dibuang bila sudah kotor.
Tidak mudah bocor dan basah. Biasanya popok sekali pakai tetap kering walau pemakaian yang cukup lama sehingga apabila digunakan pada malam hari, bunda dan si kecil tetap dapat tidur nyenyak tanpa terusik popok yang basah.
Tersedia dalam berbagai ukuran, dari ukuran S untuk bayi baru lahir sampai XL.

Kekurangan:
Lebih boros sehingga bunda harus menyediakan budget untuk membeli popok setiap bulannya. Biasanya per ukuran juga memiliki harga yang berbeda-beda.
Mudah membuat kulit bayi iritasi dan menimbulkan ruam, terutama karena penggunaannya cenderung lebih lama dan tidak segera diganti bila sudah basah.

Selamat memilih popok!