Darah tali pusat atau dikenal dengan cord blood, ternyata memiliki manfaat yang sangat berguna bagi pemilik juga kerabatnya. Salah satunya dapat digunakan sebagai terapi. Hal ini dikarenakan cord blood mengandung stem cell (sel induk) yang mampu memproduksi sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah baru. Selain itu stem cell juga mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh hingga menggantikan jaringan yang rusak.

Salah satu terapi yang dapat dilakukan dengan cord blood adalah penyakit turunan seperti
talasemia. Penyakit ini dapat ditangani dengan baik, asalkan tali pusat anak yang baru lahir disimpan di bank tali pusat.

Selain itu masih banyak lagi penyakit yang sulit disembuhkan namun mampu disembuhkan oleh darah tali pusat. Mitosnya tali pusat yang dikeringkan juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit sang pemiliknya. Sehingga, memang tidak jarang para orangtua menyimpan
cord blood anaknya untuk disimpan dengan baik.

Dan pada tahun 1963, penelitian telah mengungkapkan bahwa yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit bukanlah berasal dari tali pusat, melainkan dari darah tali pusat. Stem cell yang terkandung dalam cord blood merupakan sel yang belum terspesialisasi, namun dapat berkembang biak tanpa batas untuk menjadi sel jenis lain.

Hebatnya lagi stem cell terkandung dalam cord blood ini, ternyata dapat menyembuhkan 72 macam penyakit yang berbahaya lainnya. Seperti kanker, sumsum tulang belakang rusak, jantung, lever, diabetes, kelainan darah, dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan metabolisme tubuh. Metode pengobatan yang dilakukan adalah dengan mentransparansikan stem cell ke organ yang rusak.

Begitu banyak manfaat penyembuhan penyakit yang berbahaya dan dapat disembuhkan oleh darah tali pusat. Jadi bagi orangtua tidak ada salahnya untuk menyimpan cord blood tersebut di bank khusus penyimpanan, guna berjaga-jaga untuk kesehatan si buah hati nantinya.