Mempelajari alat musik merupakan salah satu hal yang harus dilakukan si kecil karena memberikan banyak manfaat bagi dirinya. Berikut adalah alasannya:

1. Bermain alat musik membuat lebih pintar
Banyak penelitian yang telah dilakukan mengenai efek musik ke otak. Para ilmuwan mengatakan bahwa anak-anak yang terbiasa terpapar dan mendengarkan musik, atau mereka yang memainkan alat musik, memiliki nilai yang lebih baik di sekolah daripada mereka yang tidak. Penelitian terbaru menunjukkan paparan musik dapat mempengaruhi usia baca anak, IQ dan perkembangan bagian-bagian tertentu dalam otak.

2. Bermain alat musik mengajarkan kedisiplinan
Belajar memainkan alat musik itu seperti layaknya sedang belajar bahasa asing, kadang-kadang memberikan tantangan tersendiri. Salah satu kualitas baik yang dimiliki oleh pemain musik adalah kedisiplinan. Hal ini muncul karena terbiasa disiplin untuk menguasai bermain instrumen serta terbiasa harus mengatur waktu setiap hari untuk berlatih, berlatih dan berlatih lagi. Bagi si kecil, kedisiplinan tentu akan membantunya mencapai tujuan hidupnya kelak.

3. Bermain alat musik dapat meredakan stres
Coba perhatikan saat bunda sedang stres, dengarkan musik lembut yang menenangkan, pasti bunda akan lebih merasa tenang dan damai. Memainkan alat musik juga dapat memberikan rasa tenang seperti itu, bahkan lebih tenang lagi! Walaupun tidak mudah dan butuh kerja keras, musik akan membantu si kecil menenangkan pikirannya.

4. Semangat berprestasi
Saat menjadi pemula dalam bermain alat musik dan mulai belajar memainkan potongan lagu pertama merupakan saat yang sangat membuat frustasi. Namun, saat sudah menguasainya, ada rasa puas yang tak ternilai harganya. Ke depannya, proses dalam belajar memainkan alat musik ini akan membantu si kecil untuk selalu bersemangat untuk mencapai tujuan-tujuan hidup lainnya.

5. Bermain alat musik membantu meningkatkan rasa percaya diri

Saat si kecil mengikuti kursus belajar alat musik, ada saatnya ia harus belajar tampil memainkan alat musiknya di depan umum. Ini lah saat bagi dirinya untuk belajar memupuk rasa percaya diri yang tentu saja akan dibutuhkannya kelak.