Pesan dari nenek untuk selalu menyimpan madu di dapur, untuk memasak dan untuk P3K ternyata masih berlaku hingga sekarang. Madu punya segudang manfaat, seperti:
* Mengatasi Luka Bakar
Oleskan dengan rata di atas bagian yang terbakar. Madu akan mendinginkan, menghilangkan rasa sakit dan membantu dengan cepat kesembuhan tanpa korengan. Selain berfungsi sebagai salep dan antibiotika, bakteri tidak dapat hidup dalam madu.
* Pengganti gula
Madu sarat dengan berbagai vitamin, mineral, asam amino dan sebagainya. Ganti semua penggunaan gula pasir dengan madu. Gula pasir kurang mengandung zat gizi lainnya selain kalori.
* Hidung tersumbat
Taruh satu sendok makan madu dalam suatu baskom yang berisi air panas dan hirup uapnya setelah menutup kepala dengan handuk di atas baskom.
* Migrain (sakit kepala)
Larutkan satu sendok makan madu dalam setengah gelas air hangat. Isaplah sedikit demi sedikit pada saat awal serangan migrain. Jika perlu ulangi tiap 20 menit sekali.
* Obat batuk dan pereda gatal tenggorokan
6 ons cairan madu, 2 ons glycerin , 2 buah jeruk lemon yang sudah dijus dicampur rata. Masukkan dalam botol dan tutup rapat. Gunakan secukupnya.