Lactation Aid


Lactation aid adalah sebuah alat bantu untuk memberikan kepada bayi ‘feeding suplement’ yang dilakukan bersamaan ketika bayi sedang menyusu kepada payudara ibu. Feeding suplement bisa berupa asi perah, cairan penambah kalori (misal: glukosa dan kolostrum), ataupun formula. Susu formula HANYA diberikan jika kebutuhan mendesak misal untuk menaikkan berat badan pada bayi prematur. Penggunaan susu formula harus seizin konselor laktasi anda.

Kapan Lactation Aid dibutuhkan?

Ketika aliran supply ASI dari payudara terlalu sedikit sehingga perlu tambahan dari ASI perah.
Bayi anda membutuhkan tambahan kalori untuk meningkatkan berat badan. Konsultasilah dengan konselor laktasi anda.
Bayi mudah lelah ketika proses menyusui. Jadi diharapkan dengan Lactation Aid bayi akan cukup mendapatkan kebutuhannya dalam jangka waktu yang relatif lebih singkat.
Ketika memiliki bayi adopsi dan ingin memberikan ASI melalui proses menyusui langsung dari payudara.
Ketika sedang melakukan relaktasi.

Lactation Aid relatif lebih bagus daripada anda menggunakan cup feeder (cangkir ASI) atau spoon feeder (botol sendok) terlebih lagi jika dibandingkan dengan artificial nipple feeder (botol dot). Penggunaan botol dot bisa meningkatkan resiko bingung puting.

Lactation Aid bisa anda buat sendiri atau bisa juga membeli yang sudah siap pakai.

Lactation Aid yang siap pakai salah satunya adalah keluaran Medela bernama Supplemental Nursing System (SNS).

Rujuk link berikut untuk mengetahui lebih dalam tentang SNS: http://www.medelabreastfeedingus.com/products/breastfeeding-devices/51/supplemental-nursing-system-sns

Harga pasaran SNS berkisar antara 640.000 sd 600.000.

Anda juga bisa membuat sendiri Lactation Aid dengan biaya yang cukup murah yang akan kami jelaskan di bagian akhir tulisan.

Lactation Aid buatan sendiri bisa menggunakan suntikan tanpa bagian penyedot (gambar 1) atau bisa juga dengan menggunakan botol (gambar 2).

lactation aid dg suntikan
gambar 1. lactation aid dg suntikan

lactation aid dg botol
gambar 2. lactation aid dg botol

Ada 2 cara memasang Lactation Aid, yaitu dengan cara memasang selang terlebih dahulu baru kemudian proses menyusui (gambar 1 dan 2) atau bisa juga dengan memberikannya dengan cara menyelipkan selang ketika proses menyusui tengah berlangsung (lihat video ke-2).

Beberapa hal penting seputar Lactation Aid

Posisi botol dan atau suntikan harus sejajar. TIDAK boleh posisinya lebih diatas bayi karena akan membuat aliran terlalu deras. Biarkan bayi meminum sesuai ritme mereka. Satu tips yang bisa dicoba adalah menggunakan baju yang terdapat kantong/saku dada. Botol bisa diletakkan pada saku tersebut. Jika bayi minum dengan ritme yang terlalu cepat posisikan botol/suntikan penampung cairan lebih rendah dari posisi bayi sekitar 15-30 cm di bawah posisi mulut bayi.
Ujung selang NGT tidak usah dipotong karena kondisinya sudah ada lubangnya. Jika dipotong ujung selang NGT akan menjadi tajam dan malah berbahaya bagi mulut bayi.
Untuk 30ml cairan setidaknya akan dihabiskan dalam jangka waktu 15-20 menit.
Selalu lihat kondisi dari selang dan pastikan cairan telah mengalir dengan baik.
Salah satu trik yang bisa dilakukan adalah breast compression. Breast compression adalah memijat payudara untuk menstimulasi ASI yg keluar.

Perlengkapan untuk membuat Lactation Aid

Selang NGT (nasogastric tube) ukuran 5 French (kadang ditulis dengan 5 Fr). Panjang 100 cm. Harga 15.000
Sebuah suntikan ukuran 25ml/30ml. Harga 10.000
Botol dot (bisa pakai merek apa saja)