Hewan peliharaan dapat menjadi teman terbaik Anda. Tapi, jika Anda memiliki gangguan alergi atau asma, mereka juga bisa menjadi musuh terburuk bagi Anda. Bayangkan bulu-bulu yang ditinggalkan hewan peliharaan Anda di sofa atau bau badannya yang jarang dimandikan. Hal ini dapat memicu serangan asma dan reaksi alergi pada beberapa orang. Untuk mengurangi alergen hewan peliharaan di rumah, lakukan beberapa hal di bawah ini.

Minimalkan hubung an

Anda dapat mengurangi bulu atau kulit mati (ketombe) hewan peliharaan di rumah Anda dengan membiarkan mereka bermain di luar rumah sebanyak mungkin. Paling tidak, laranglah mereka masuk ke kamar tidur.

Bersihkan tangan

Usai menyentuh hewan peliharaan biasakan langsung mencuci tangan.

Ganti karpet

Jika memungkinkan bagi Anda untuk mengganti karpet dengan lantai kayu, itu bisa sangat membantu. Lantai kayu bisa mengurangi bulu menempel dan mudah dibersihkan. Atau paling tidak, minimalkan pemakaian karpet di rumah.

Jauhkan dari sofa

Jauhkan hewan peliharaan Anda dari sofa, furnitur berlapis kain, tempat tidur, karpet, dan membatasi mereka keluar masuk mobil dapat mengurangi paparan bulu dan ketombe.

Bersih -bersih

Bersihkan barang yang terpapar bulu dan ketombe dengan mencucinya atau penyedot debu.

Tutup register

Jika di rumah ada pemanas atau pendingin udara, menutup register udara dapat mengurangi jumlah bulu binatang yang bersirkulasi di rumah Anda. Lakukan penyaringan tungku atau AC dengan filter HEPA dan atau membeli pembersih udara ruangan.

Mandikan

Sebuah studi yang dilakukan Journal of Allergy and Clinical Immunology pada tahun 1999 menemukan, mandi mengurangi kadar alergen anjing sekitar 85 persen. Tingkat alergen akan kembali normal dalam waktu sekitar tiga hari. Inilah mengapa, anjing perlu dimandikan setidaknya dua kali seminggu.

Cuci kandang

Meskipun hamster, marmut, kelinci, burung, dan hewan peliharaan geraknya terbatas di kandang dan cenderung kurang bermasalah bagi penderita alergi dan asma, ketombe dan urin yang dihasilkan mereka masih bisa memprovokasi reaksi alergi dan serangan asma.

Sangkar hewan peliharaan setidaknya dibersihkan sekali seminggu. Jika mungkin, pindahkan kandang ke luar garasi atau gudang.