Bunda saya baca artikel dapat artikel bagus nih buat bunda yang sikecil kadang2 suka melamun.

Kiat mengatasi si kecil yang suka melamun adalah dengan menyeimbangkan gizi dan stimulasi. Caranya:

- Atasi akar masalah

Ini adalah langkah paling awal dengan tujuan agar anak dapat terlepas dari beban pikirannya. Kebijaksanaan orangtua untuk mau mengubah pola asuh yang selama ini telah diterapkan amat dibutuhkan di sini. Contoh, orangtua harus mencari solusi yang lebih efektif ketimbang memarahi anak setiap ia melakukan suatu kesalahan, misal dengan memberi penjelasan yang lemah lembut bahwa yang diperbuat anak tidaklah baik.

Minta maaf terkadang dibutuhkan untuk menyatakan penyesalan kita dengan tulus karena telah membuatnya sedih dan takut. Menanyakan kebutuhan anak juga merupakan suatu langkah bijak. Keinginan anak bukan untuk dikabulkan semua, namun dengan orangtua mengetahui apa yang menjadi keinginannya, anak setidaknya merasa lebih diperhatikan.

- Berikan gizi seimbang.

Pada prinsipnya, otak membutuhkan nutrisi yang seimbang. Anak perlu diajarkan hal-hal yang berkaitan dengan itu. Contoh, pentingnya baginya memenuhi cairan tubuh setiap hari. Ia juga perlu membatasi asupan makanan manis, dan memperbanyak makan buah-buahan dan sayuran, serta makanan berprotein.

- Lakukan aktivitas semua motorik

Salah satu cara efektif menyeimbang otak adalah dengan melakukan aktivitas yang melibatkan semua motorik. Dari kepala, leher, tubuh, tangan, hingga kaki. Gerakan-gerakan yang melibatkan semua anggota tubuh ini seakan menjadi sakelar yang dapat menstimulasi otak untuk bekerja aktif. Aktivitas yang disarankan seperti outbond, berenang, hiking, naik sepeda, dan berkuda.

Mg bermanfaat ya bund....