Coba-coba, buka tutup, masuk mulut, eits ... jangan marah dulu! Semua itu tanda rasa ingin tahu sedang sangat besar.

Balita 1 tahun, Bona, kini sedang giat memenuhi rasa ingin tahu dengan berbagai cara. Anak Anda seumur Bona?! Biarkan ia bereksplorasi sepuas-puasnya. Anda hanya perlu menemaninya sambil memberi penjelasan dan menjaga keamanannya.

Belajar semua
Jangan marah dulu jika buah hati Anda yang berusia 13-14 bulan berulang-ulang membuka tutup wadah mainan. Jangan pula memarahi ketika ia makan selembar daun yang ditemukannya. Begitu pula dengan aksi coba-cobanya yang membuat jantung deg-degan. Kasih tahu saja secara lembut tapi tegas bahwa ia harus hati-hati. Tindakannya itu gambaran hasrati ingin tahunya.

Balita 1 tahun sedang mengembangkan “radar” ke segala penjur,u terutama untuk belajar hal-hal baru. Tak heran ia getol menyimak kata-kata Anda, juga mengamati cara Anda membuka dan menutup pintu kulkas. Yang jelas balita punya jendela multidimensi, yang melibatkan seluruh pancaindera untuk menyerap berbagai hal.

Tujuannya, tentu untuk mengumpulkan bahan referensi dalam memorinya. Dengan begitu, ia semakin terampil mengatasi masalah dalam petualangan di tahun-tahun berikutnya.

Lewat kata dan benda
Orang tua harus memenuhi semua kebutuhan anak termasuk dalam memenuhi rasa ingin tahunya. Begitu pula ketika balita hendak menyentuh lilin yang menyala.

Tantangan orang tua, lagi-lagi keamanan dan keselamatan. Bagi Anda yang punya anak dengan rasa ingin tahu yang besar, fasilitas dengan lingkungan yang memadai lagi aman bereksplorasi.

Selain memberitahu anak secara verbal, berikan pula melalui contoh. Anda bisa mengatakan, buka tutup wadah berisiko tercepit dan cedera atau api panas sehingga membuat kulit perih. Walau begitu, Anda tetap perlu menjelaskan bagaimana benda bisa diambil ketika wadah dibuka dan sebaliknya

Bagi balita 1 tahun yang penasaran, sediakan berbagai mainan yang mengajarkan konsep “sebab-akibat”, seperti Jack in the box. Juga mainan yang mengasah indera seperti leaning table atau activity center dengan berbagai fitur seru.