Sosok yang paling menderita jika orangtua harus berpisah adalah anak-anak. Kesedihan mereka sudah tentu membuat hati orangtua terluka, dan membuat orangtua ingin melakukan sesuatu untuk mengatasi penderitaan mereka.

Anda dapat menenangkan dan meyakinkan mereka serta membantu mereka melewati masa-masa sulit dengan cara:

1. Konsisten: sedapat mungkin ciptakan hubungan yang dapat ditebak dan dapat dipercaya.

2. Cinta: perlihatkan kepada mereka melalui tindakan dan kata-kata betapa Anda mencintai mereka.

3. Menenangkan: katakan kepada mereka, walaupun orangtua mereka berpisah, Ayah dan Ibu tetap mencintai mereka dan akan selalu ada buat mereka - dan buktikan kata-kata Anda dengan memperlihatkan hubungan yang baik antara mereka dan mantan pasangan Anda.

Dengan melakukan pendekatan ini, anak-anak Anda akan memiliki kesempatan untuk mengatasi kekhawatiran mereka dan belajar menerima kenyataan hidup yang mereka hadapi.

PERPISAHAN PERMANEN
Anda harus bersikap jujur kepada mereka mengenai perpisahan Anda yang permanen. Sebagian besar anak-anak berharap dan berkhayal Ayah dan Ibunya akan berkumpul kembali.

Apabila anak Anda mengungkapkan fantasi mereka, pada saat yang sama Anda dapat memberi penjelasan bahwa Anda berdua tidak mungkin bersatu lagi. Dengan begitu, Anda memperkenalkan kepada mereka realita yang paling dalam dari diri mereka dan memperlihatkan kepada mereka bahwa Anda bertanggungjawab atas keputusan yang berat tetapi harus Anda lakukan.
Jangan lupa, jelaskan semuanya sesuai dengan usia mereka.

JAGA NAMA BAIK
Meski hubungan Anda dengan mantan pasangan memburuk, sebaiknya hindari menjelek-jelekannya. Jika pun harus membicarakannya dengan anak, Anda dapat mencoba beberapa variasi, seperti: "Papa kamu dan mama tidak dapat hidup bersama lagi. Mama dan Papa sudah lama tidak bahagia, kami selalu bertengkar. Oleh karena itu hal terbaik yang harus kami lakukan adalah berpisah. Percaya atau tidak, hal ini juga yang terbaik bagi kamu."

Yakinkan anak Anda bahwa mereka tidak perlu takut memiliki orangtua tunggal, katakan dan tunjukkan kepada mereka bahwa Anda dapat menghidupinya.

balita-anda.com