Kultur di sebuah kantor kini memengaruhi cara berpakaian karyawannya. Karyawan di perusahaan-perusahaan di bidang kreatif, misalnya, cenderung bebas menentukan gaya berpakaiannya sendiri. Mau pakai rok, celana panjang, atau celana pendek, tak ada yang melarang. Sementara karyawan di lembaga keuangan cenderung berbusana lebih konservatif, seperti blazer dengan rok atau celana panjang.

Namun jika Anda ingin meraih jenjang karier yang lebih tinggi, cobalah lebih sering mengenakan rok saat ke kantor. Sebab menurut studi dari University of Hertfordshire, perempuan yang memilih memakai rok ketimbang celana panjang, lebih cenderung sukses di tempat kerja. Riset yang dilakukan universitas ini mengklaim bahwa rok memberikan "kesan pertama yang lebih baik", dan mereka yang mengenakannya cenderung lebih berhasil dalam pekerjaan.

Dalam uji cobanya, peneliti menunjukkan gambar-gambar perempuan, dan meminta relawan untuk membuat penilaian mengenai tingkat kepercayaan diri, dapat dipercaya, sukses, fleksibel, dan gaji para perempuan tersebut.

Profesor Karen Pine, pemimpin riset ini, menjelaskan bahwa sebuah kesan dibentuk dengan cepat, dan seringkali sangat akurat. Karena itu, penting bagi kaum perempuan untuk menjaga identitas yang menyeimbangkan profesionalisme dan daya tariknya.

"Dandan untuk membuat orang lain terkesan itu sangat bermanfaat, dan dapat menjadi kunci kesuksesan. Kami berpikir bahwa fashion itu hanya untuk memanjakan diri, dan kepribadian kita akan mundur karena pakaian kita yang membosankan. Ternyata itu tidak benar," katanya.

Bagaimana menurut Anda? Busana apa yang menurut Anda paling membuat Anda merasa percaya diri