Kenapa Anakq Yg Berumur 4 Thn Sulit Menerima Pelajaran N Daya Ingat Kurang
oleh Seseorang, 8 October 2010, 13:08 PM
Mulai dr umur 2 thn dia diajari berhitung 1-10 tp knapa sampai skrg blum prnh pas urutannya dan klu diajak bljr dia selalu malas n buntut2nya nangis. Apa pola bljr yg sy terapkan tdk sesuai?Dia memang blom memasuki bangku sekolah.
Apa yg hrs q lakukan agar daya pikir n daya tangkapnya cpt?
Ada 2 komentar pada diskusi ini
8 October 2010, 13:47 PM
8 October 2010, 13:24 PM
Sebaiknya dilihat dulu kenapa anak menjadi lamban belajar..karena mungkin saja itu karena pengajarnya belum mendapatkan klik metode mengajar yang tepat untuk si anak atau metode mengajarnya tidak sesuai dengan gaya belajar si anak..(mis:guru mengajar dengan cara mencatat, bagi anak yang gaya belajarnya adalah melalui praktek akan lebih sulit memahami materi yang diajarkan sehingga terkesan lamban dalam menyerap materi)....Yang lainnya mungkin si anak adalah tipe yang tidak bisa belajar dengan cara klasikal atau 1 pengajar dengan banyak anak, mungkin saja si anak jika diberi metode pengajaran individual (person to person) akan lebih mudah memahami...Jadi kenali dulu anaknya seperti apa, dan bagaimana cara belajar di rumahnya (itu juga bisa ditanya ke anak atau orang tuanya, serta melalui pengamatan). Selain itu guru juga dituntut untuk lebih kreatif ketika memberi instruksi/ pengajaran serta PR (PR jangan hanya dalam bentuk menyalin dari buku pelajaran ke buku tulis, bisa juga dengan menggambar atau melalui pengamatan lingkungan dan ditulis hasilnya, asal semua sesuai dengan topiknya)....
Jika si anak memang lamban karena ada masalah dengan perkembangannya, pengajar harus lebih bersabar dan kerja sama juga dengan orangtuanya agar anaknya diberikan treatment khusus ketika di rumah (mis: mengulang pelajaran, disini orangtua juga diajarkan bagaimana agar lebih kreatif ketika mendampingi anak belajar), guru juga berikan treatment khusus saat jam2 istirahat anak ketika di sekolah untuk megulang dan mengevaluasi pemahaman anak (bisa dengan cara pura2 mengobrol, tidak harus duduk di kelas dengan buku di atas meja)..Untuk anak ini juga dapat dibuat target2 khusus untuk si anak yang harus dicapai (mis:
anak harus bisa berhitung 1 - 100 dalam waktu 1 bulan, metode yang akan digunakan dengan cara memperlihatkan kartu/ flash card)