Penyakit memang saat ini banyak kita temui, namun, anda perlu berhati-hati karena saat ini banyak jenis penyakit yang gejalanya hampir mirip dengan penyakit biasa. Salah satu penyakit yang harus anda waspadai yakni penyakit demam Q yang di ketahui merupakan penyakit yang disebabkan oleh binatang. Berikut ini terdapat beberapa gejala penyakit ini.

Q fever atau demam Q disebabkan oleh jenis bakteri khusus yang dibawa oleh binatang, umumnya biri-biri, kambing dan hewan ternak. Jika anda menghirup udara dengan partikel debu yang terkontaminasi dengan hewan terinfeksi, Anda akan ikut terinfeksi.

Sebagian besar orang dengan demam Q umumnya tak menunjukkan gejala, namun sebagian lain merasakan gejala mirip flu, mengalami pneumonia atau hepatitis. Bentuk akut dari demam Q dapat menuntun pada demam Q kronis, di mana penyakit serius ini dapat bertahan dalam tiga hingga empat tahun, berdampak pada hati, jantung, otak dan paru-paru, seringkali berakibat fatal.

Demam Q akut umumnya akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu tanpa pengobatan. Jika anda menderita gejala ini, dokter umumnya akan meresepkan antibiotik. Demam Q kronis membutuhkan terapi antibiotik khusus, diikuti dengan berbagai tes lain, hingga kemungkinan operasi.

Gejala
Tanda-tanda dan gejala demam Q sangat bervariasi. Orang dengan demam akut Q mungkin tidak mempunyai gejala sama sekali, sementara kronis Q demam biasanya mempengaruhi jantung dan organ-organ utama lainnya.

Lebih dari separuh dari orang yang terinfeksi demam akut Q tidak pernah menunjukkan gejala. Jika seserang memiliki gejala-gejala, anda akan melihat mereka sekitar dua sampai tiga minggu setelah terkena bakteri. Infeksi dapat menyerupai flu, menyebabkan tanda-tanda dan gejala:
* Demam tinggi (104 derajat Fahrenheit, atau 40 derajat Celcius)
* Sakit kepala
* Kelelahan
* Sakit tenggorokan
* Menggigil
* Berkeringat
* Batuk, yang mungkin kering atau produktif
* Sakit perut
* Mual
* Muntah
* Diare
* Nyeri otot yang parah

Perawatan
Pengobatan untuk demam Q tergantung pada apakah infeksi akut atau kronis dan apakah penderita sedang hamil. Kasus demam akut Q sering menjadi lebih baik dalam waktu sekitar dua minggu tanpa pengobatan. Namun, meski tidak memiliki gejala, dokter tetap memberikan pengobatan untuk mencegah komplikasi. (Suaramedia.com)