Penyakit banyak bermunculan saat musim penghujan datang. Flu menjadi salah satu penyakit yang paling sering ditemui. Penyakit menular melalui virus ini mudah menyebar, tidak hanya rentan dialami orang dewasa, tapi juga anak-anak.
Untuk melindungi penyakit banyak orangtua membekali anak-anaknya dengan suplemen agar tubuh si kecil kebal terhadap serangan flu. Tapi terkadang anak-anak bisa tertular, entah itu dari orangtua sendiri maupun dari teman-temannya.
Hampir sama dengan gejala flu yang diidap orang dewasa, anak-anak pun merasakan gejala-gejala flu, hanya saja mereka kadang tidak terlalu memperhatikan bahwa virus sudah menyerang. Peran orangtua saat mendeteksi gejala-gejala flu, sehingga bisa segera bertindak, berikut ini ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai orangtua.
1. Demam
Saat si kecil terserang demam, Anda bisa menggunakan obat penurun demam untuk mengurangi demamnya. Pastikan Anda memberi dosis yang tepat berdasarkan usia dan berat badan anak
2. Pusing
Kemungkinan besar, anak akan merasakan sakit kepala jika dia sedang merasakan flu. gejala flu ini akan disertai rasa nyeri pada sekujur tubuhnya.
3. Sakit tenggorokan
Bila anak mengalami radang tenggorokan segera bawa ke dokter. Jika flu disertai radang tenggorokan, umumnya akan perlu mengonsumsi antibiotik agar penyakit tidak semakin parah.
4. Batuk
Apakah anak Anda mengalami batuk kering? jika iya, segeralah diobati dengan obat batuk anak khusus batuk kering. jika tidak juga sembuh sebaiknya bawa ke dokter, karena jika kondisi ini berlangsung lama bisa menyebabkan masalah pernapasan yang cukup serius.
5. Tubuh terlihat lemas
Seiring dengan rasa nyeri otot, si kecil mungkin akan tampak lemas. Untuk menghindari dehidrasi, ada baiknya Anda memberikannya banyak minum air putih.