Musim hujan memang membuat resah orang tua. Kekhawatiran tentang kondisi kesehatan anak membuat orang tua bingung dan cepat panik. Bahkan ada yang langsung memberikan obat jika anaknya baru demam.

Sebab demam itu terjadi karena 3 hal :

"Ada yang demam biasa atau common cold, demam karena influenza dan juga demam karena radang tenggorokan,"

Ketiga penyakit tersebut mempunya gejala yang sama, yaitu demam, batuk dan bersin-bersin. Demam biasa atau common cold akan hilang dengan sendirinya setelah 1 atau 2 hari. Orangtua juga harus tahu suhu normal tubuh bayinya. Sehingga tidak panik dan langsung memberi obat ketika anaknya demam.

"Saya pernah mengalami kondisi sikecil demam suhunya 37 derajat celcius. Setelah dicek didokter, ternyata masih dalam suhu normal tubuh bayi," ujar dokter anak yang praktek di salah satu RS tersebut.

Suhu normal tubuh bayi adalah 36,5 sampai 37,5 derajat celcius. Jika anak demam melebihi suhu tersebut dan diiringi dengan pengurangan nafsu makan dan minum, sebaiknya bunda segera membawa anaknya ke dokter.

Lalu bagaimana dengan pemberian antibiotik oleh orangt ua tanpa resep dokter? tindakan tersebut tidak boleh dilakukan Sebab antibiotik tidak hanya mematikan kuman jahat dalam tubuh, namun juga mematikan kuman-kuman normal yang memang harus ada dalam tubuh.

"Nanti kalau anak bunda tidak sakit tapi diberi antibiotik, kuman-kuman normal yang ada di perut, kulit dan lainnya akan mati juga. Malah jadi sakit nanti anaknya,"

lebih dikenali lagi gejala demam yang di derita sikecil ya bun.

semoga bermanfaat :)