Sebuah penelitian menemukan bayi yang sedari lahir hingga berusia 3 tahun selalu tidur bersama ibunya, memiliki jantung yang lebih kuat dan jauh dari stres.

Tidur sendiri, membuat ibu dan anak jadi tidak terikat. Hal ini juga membahayakan perkembangan otak anaknya, dan kedepannya memicu perilaku buruk pada anak saat ia tumbuh.

Dr Nils Bergman dari University if Cae Town, Afrika Selatan, mengatakan bahwa untuk perkembangan yang baik, bayi yang baru lahir sebaiknya tidur dalam dekapan sang ibu selama minimal seminggu pertama. Setelah itu, ia tidur “seranjang” dengan ibunya hingga mereka berusia 3, bahkan 4 tahun.

Dalam sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini, hampir dua-pertiga kematian bayi mendadak yang tidak dapat dijelaskan, terjadi ketika bayi tidur bersama ibu.

Namun Dr. Bergman mengatakan: “Ketika bayi tercekik dan menderita kematian ranjang, itu bukan karena salah ibu. Hal ini karena hal-hal lain:. Asap beracun, rokok, alkohol, bantal-bantal besar dan mainan berbahaya di sekitarnya.”

Enam belas bayi yang diteliti saat tidur di dada ibu mereka dan sendirian dalam ranjang tempat tidurnya. Pemantauan mengungkapkan jantung bayi mengalami peningkatan stres tiga kali lipat ketika bayi tidur sendirian. Lebih baik saat tidur bersama ibu. Penelitian ini menemukan kualitas tidur bayi yang sendrian jauh lebih buruk.

Tidur sendirian juga membuat bayi sering terganggu tidurnya, dengan otak bayi kesulitan mengalami siklus tidur normal. Dari bayi yang tidur sendirian, hanya enam dari 16 bayi yang bisa tidur tenang, itu pun kualitasnya jauh lebih buruk. Siklus tidur yang sehat ini diperkirakan menjadi kunci untuk perkembangan normal dari otak anak.

Dr. Bergman mengatakan bahwa perubahan otak yang disebabkan oleh hormon stres dapat menghambat kemampuan seseorang berhubungan dengan teman-temannya saat dewasa, juga menyebabkan masalah seks.

The National Childbirth Trust mendukung gerakan bayi tidur bersama ibu, asalkan orang tua belum merokok, minum alkohol atau menggunakan obat-obatan, tidak obesitas, tidak sakit, dan tidak terlalu lelah.

Profesor George Haycock dari Foundation for the Study of Infant Deaths mengatakan: “Posisi kami sebagai sebuah yayasan adalah bahwa kita berutang kepada publik untuk merekomendasikan cara paling aman merawat bayi yaitu bayi sebaiknya tidur sekamar dan berdekatan dengan orang tuanya.”