Banyak yang penasaran dengan apa yang terjadi di dalam rahim setelah sperma bertemu sel telur. Anda juga? Inilah yang terjadi di bulan pertama kehamilan.

Awal Kehadiran Janin
Berawal dari pembuahan sel telur oleh sperma, terbentuklah zigot. Zigot melakukan proses pembelahan sel dari satu jadi dua, empat, delapan, enam belas dan seterusnya. Pembelahan sel berlangsung dalam saluran tuba falopi hingga mencapai rahim, lalu zigot membenamkan diri dalam dinding rahim.
Di minggu kedua, akan terbentuk dua lapisan sel, ektoderm dan entoderm. Lapisan entoderm kemudian membentuk dua lapis sel baru, mesoderm dan endoderm. Ketiga lapisan sel ini adalah cikal bakal pembentukan berbagai organ tubuh, seperti jantung, tulang dan gumpalan daging.
Belahan (lobus) otak dan tabung tulang belakang mulai terbentuk pada minggu ketiga. Sel pembentuk sistem saraf pusat juga mulai membentuk sel-sel saraf.
Di minggu keempat, berbagai organ tubuh mulai telah terbentuk seluruhnya, semua dalam ukuran mini. Dalam embrio juga telah berlangsung proses metabolisme seperti dalam tubuh manusia dewasa.

Kondisi Ibu
Di awal kehamilan, belum ada perubahan fisik yang bisa terlihat, tapi Anda perlu membatasi kegiatan fisik dan mengonsumsi makanan bergizi agar kebutuhan nutrisi di awal kehamilan terpenuhi.
Hati-hati perubahan emosi! Dibandingkan fisik, perubahan emosi justru lebih terlihat. Emosi ibu hamil cederung cepat berubah. Sebentar bahagia, sebentar murung. Ibu hamil juga kerap dibayang-bayangi rasa cemas berlebihan terhadap kehamilannya. Ini dipicu oleh produksi hormon. Jangan biarkan perasaan tak menentu berkembang menjadi depresi. Penelitian menyebutkan stres pada ibu hamil mengakibatkan penyimpangan perkembangan otak janin, janin akan memproses informasi di belahan otak kiri lebih cepat dari belahan otak kanan. Ini bisa jadi hambatan pada perkembangan kemampuan berbahasa anak kelak. Perubahan hormon juga membuat ibu hamil lebih sensitif, termasuk penciumannya hingga memicu mual dan muntah.