Karakteristik Benjolan
Benjolan akibat infeksi biasanya nyeri dan fluktuatif serta kulit sekitarnya ada tanda-tanda peradangan. Pembesaran kelenjar getah bening karena metastatis/penyebaran suatu Kanker biasanya keras dan terfiksir pada jaringan sekitarnya. Limfoma malignum dapat teraba keras atau rubbery tetapi umumnya tidak keras seperti batu atau terfiksasi terhadap jaringan sekitar.

Lokasi Benjolan
Benjolan di diatas tulang selangka (supraklavikula) hampir selalu bermakna sebagai suatu proses keganasan. Benjolan di lipat paha dan ketiak lebih sering merupakan tanda reaktif dari suatu peradangan. Sedangkan pembesaran kelenjar getah bening/ limfadenopati di leher mungkin bisa meupakan suatu limfoma (Kanker kelenjar getah bening) atau metastasis (penyebaran) Kanker jenis lain.

Persistence of growth
Benjolan limfe yg tetap ada selama lebih dari 4-6 minggu atau tetap tumbuh dalam 2 minggu pengamatan harus dicurigai.

Kemungkinan sumber yg terlokalisir
Kelenjar getah bening yg mendrainage (mengaliri) lokasi infeksi dapat membesar manakala ada infeksi. Dengan begitu pemeriksaan yg teliti pada daerah yg didrainase sangat penting. Adanya pembesaran getah bening didaerah leher misalnya, harus dicari adakah infeksi pada daerah kulit kepala, telinga dan tenggorokan. Infeksi sinus dan abses gigi dapat merupakan penyebab limfadenopati servikal yg tersembunyi. Bila ada pembesaran di ketiak , harus dicari adakah infeksi pada lengan dan tangan. Bila ada pembesaran di daerah lipat paha, harus dicari adakah infeksi pada tungkai dan kaki, termasuk infeksi jamur (athlete’s foot)

Bukti adanya infeksi sistemik
Penyebab infeksi-infeksi lain seperti mononucleosis infeksiosa, hepatitis dan infeksi sistemik lainnya. Tentunya hal ini dilakukan oleh dokter.

Riwayat penyakit dahulu dan pengobatannya
Perlu pula dilihat apakah ada riwayat pernah menderita Kanker sebelumnya, penyakit sistemik lain, paparan terhadap TBC, atau penyakit infeksi lain . Juga penggunaan obat terutama jenis fenitoin atau hidantoin lainnya.


Demikian tips-tips untuk memperkirakan apakah pembesaran kelenjar getah bening adalah Kanker atau bukan. Mudah-mudahan membawa manfaat. Konsultasikan segera dengan Dokter Spesialis Anak anda setiap kali menemukan adanya benjolan . Sedikit “parno” untuk mencurigai benjolan tidak apa-apa bahkan dapat menyelamatkan nyawa seorang anak. Ingat, “Kanker pada anak DAPAT diupayakan sembuh bila ditemukan lebih dini.”