Limapuluh dua tulang kecil di kaki akan membantu Anda melewati hari-hari penuh aktivitas, mulai dari menemani si kecil, membawa setumpuk barang, hingga berbelanja. Lantas, apa ‘imbalan’ yang kaki dapatkan setelah seharian menemani Anda? Tidak ada.

Rilekskan kaki dengan berbagai latihan di bawah ini, yakni:

LEMASKAN BETIS. Berdirilah di atas lantai. Angkatlah tumit (sementara jari-jari kaki Anda tetap menyentuh lantai), dan tahanlah selama lima detik. Lalu, lakukan sebaliknya: Tumit tetap di lantai, sedangkan jari-jari kakilah yang diangkat. Ulangi gerakan ini sebanyak tiga kali, kata Stephen Paulseth, D.P.T., dari American Physical Therapy Association.

PIJAT-PIJAT JARI KAKI. Peganglah salah satu jari kaki, lalu pijatlah dari satu sisi ke sisi lain, ke atas dan ke bawah, serta secara perlahan-lahan ‘tarik-tariklah’ jari tersebut. Lakukan hal serupa pada seluruh jari kaki. Tekan selama beberapa detik area antara jari-jari itu.

‘KEPALKAN’ KAKI. Duduklah di kursi dengan kaki (tanpa alas kaki) menyentuh lantai. Tekuk jari-jari kaki (seolah-olah membentuk kepalan) dan remaslah. Tahan selama lima detik, lalu relaks.

POINT ALA PENARI BALET. Duduk di lantai dengan kedua kaki lurus ke depan. Jari-jari kaki ‘meruncing alias point (layaknya penari balet), tahan selama limabelas detik, lalu relaks. ‘Tariklah’ jari-jari kaki ke belakang selama limabelas detik, lalu relaks. (Agar bisa meraih jari-jari kaki, boleh kok me-nekuk lutut). Ulangi gerakan sebanyak 10 kali.

MEMIJAT DENGAN TEKANAN. Duduk di kursi dan taruhlah kaki kanan di atas paha kiri. Dengan kedua ibu jari, tekanlah bagian telapak kaki yang melengkung. Ulangi gerakan dengan kaki lain.

SALING MEMIJAT. Anda duduk di salah satu ujung sofa, sedangkan suami tepat di seberang Anda. Kedua kaki sama-sama diluruskan. Gunakan ibu jari untuk menekan-nekan dan memijat kaki suami, mulai dari tumit sampai ujung jari kaki ibu jari. Lalu, peganglah kelingking dan pijatlah ke arah tumit. Ulangi untuk kaki lain.