Dibandingkan dengan bayi yang lahir dengan melakukan proses Bedah Caesar, yang dilahirkan persalinan alami oleh proses bakteri vagina memiliki perlindungan yang lebih baik menurut para peneliti. Pada saat persentase bayi yang lahir dengan melakukan proses Bedah Caesar meningkat, hal ini merupakan sebuah penemuan yang bermanfaat.??Hal ini tidak hanya menjadi sebuah alasan medis, para ibu yang melahirkan di usia yang sudah lebih tua dan masalah-masalah seperti obesitas mengakibatkan peningkatan jumlah Bedah Caesar di tahun belakangan, jumlah bagian C elektif pun mengalami peningkatan.
Ada banyak manfaat memiliki anak-anak dengan persalinan alami atau vaginal, para ibu pun diuntungkan dengan adanya bakteri alami di jalannya persalinan.
* Anak-anak dilahirkan dengan Bedah Caesar dapat mengalami dua kali lipat dari risiko pengembangan alergi makanan.?
* Mereka juga lebih mungkin mendapatkan asma di kemudian hari.?
* Mereka juga berisiko lebih tinggi secara signifikan mengalami diare.?
* Komunitas bakteri yang masuk ke bayi yang baru lahir dari jalan lahir ibunya bisa membantu melindungi anak terhadap berbagai penyakit.?
* Pada saat kita tidak sepenuhnya memahami bagaimana dampak komunitas bakteri tersebut terhadap balita dan perkembangan anak selanjutnya, namun dengan persalinan alami akan didapatkan perlindungan yang sudah terbukti.