KESULITAN anak makan sayur dan buah menjadi masalah umum para orangtua. Namun, jangan dulu menyerah saat hal tersebut menghampiri Anda. Penanganan tepat dapat mengakhiri permasalahan Anda.

Selama ini, para orangtua lebih memilih bersikap memaksa makan anaknya, bahkan membiarkan anaknya dalam ketidaksukaan terhadap sayur dan buah. Padahal, cara tersebut justru membuat anak makin jauh kecintaannya terhadap sayur dan buah.

Dr. dr. Saptawati Bardosono MSc, Dokter Ahli Gizi dan Pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengatakan, membujuk anak untuk mau makan dan sayur sebaiknya dengan memberi anak tersebut pengertian.

"Membujuk anak untuk mengonsumsi sayuran atau buah dengan memberi mereka pengertian dari bahan makanan itu sendiri," tuturnya usai peluncuran Bebelac Complete Fruits and Veggies di Ballroom The Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (26/9/2013).

Bentuk pengertian itu, sambung dr Tati, dengan menjelaskan fungsi dan manfaat makanan itu sendiri.

"Misalnya saja, menjelaskan bahwa wortel itu mengandung vitamin A dan sebagainya, sehingga anak mengerti. Atau kita menjadi role model dengan mengonsumsinya dan memerlihatkan bahwa makanan ini begitu enak. Misalnya saja, hmmm, makanan ini enak sekali,"tambahnya.

Di luar itu, cara lain yang bisa dilakukan dengan mengolah makanan bersama dan mengonsumsinya bersama-sama dengan anak.
sumber:okezone.com