Saat bayi Anda terus tumbuh, Anda dapat mulai menambahkan variasi makanan yang lebih banyak dan ini termasuk ke dalam jadwal makan malam si kecil. Hal ini sangat penting sehingga ia menjadi terbiasa dengan tekstur makanan yang berbeda. Pada saat bayi Anda berusia sepuluh bulan, Anda harus mulai memberinya makanan di piring dan membiarkan si kecil untuk belajar makan sendiri. Kemandirian dan makin meningkatnya keterampilan motorik halus si kecil akan Anda lihat dari upaya yang satu ini. Anda hanya perlu mengawasi selama ia makan dan tidak memberinya makanan yang berisiko membuatnya tersedak, seperti kacang-kacangan, selai kacang, anggur, permen keras, hot dog, dan lain-lain.



Setelah anak Anda mencapai ulang tahun pertama, ia harus mampu memakan makanan yang hampir sama dengan jenis makanan Anda, kecuali makanan pedas dan dengan bumbu penyedap. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang sulit baginya, sebab si kecil sudah mahir untuk mengunyah dan menelan, serta pertumbuhan giginya pun sudah cukup pesat pada usia ini.



Setelah usia satu tahun, bayi akan memiliki ledakan pertumbuhan ketika tubuh mereka membutuhkan lebih banyak kalori dan gizi, karena untuk mengimbangi gerak tubuh mereka yang juga semakin kompleks. Anda harus mengikuti kebutuhan makan bayi Anda. Si kecil akan memberitahu Anda kapan ia lapar. Namun, Anda bisa melanjutkan untuk menawarkan berbagai makanan, tetapi jangan mencoba untuk memaksa dia untuk makan lebih dari yang dia inginkan. Menempatkan bayi pada jadwal makan rutin dapat membentuk jiwa disiplin di kemudian hari.