Zat adiktif tak hanya ditemukan dalam narkoba, tetapi juga ada di dalam makanan tertentu. Meski memiliki efek yang berbeda dari narkoba, beberapa jenis makanan ini juga bisa merusak program diet Anda.


Yuk, simak 5 makanan berikut ini yang bikin kecanduan seperti dikutip Antaranews.com:

1. Cokelat

Makanan ini dianggap sebagai salah satu makanan yang paling adiktif. Ada alkaloid tertentu dalam cokelat yang sangat mirip dengan yang ditemukan dalam alkohol.

Itu bukan satu-satunya alasan yang membuat coklat menjadi adiktif. Kafein dan gula yang ditemukan dalam coklat juga menyebabkan ketagihan. Bahkan, cokelat adalah salah satu makanan yang digunakan untuk memerangi kecanduan alkohol.

2. Es krim

Penelitian telah membuktikan bahwa kecanduan terhadap es krim dan kokain hampir mencapai level yang sama. Jenis makanan ini termasuk adiktif karena dapat mengubah otak Anda dalam menanggapi stimulasi dari makanan. Hal ini terutama disebabkan oleh lemak dan kadar gula tinggi di dalam es krim.

3. Keju

Satu penelitian telah membuktikan bahwa keju mengandung beberapa jenis morfin dan caseine yang menyebabkan kecanduan. Ini adalah salah satu alasan mengapa orang terus meminta lebih banyak keju dalam satu porsi makanan.

4. Permen

Berbagai jenis makanan manis seperti permen, merupakan salah satu jenis makanan yang sangat adiktif. Kecanduan ini biasanya dimulai pada usia muda.

Ketika Anda mengkonsumsi gula, maka lebih banyak insulin yang akan diproduksi di dalam tubuh Anda. Hal ini menyebabkan Anda semakin ingin untuk mengkonsumsi makanan manis.

5. Fast food

Makanan lain yang sangat adiktif adalah jenis makanan cepat saji atau fast food. Hal ini dikarenakan hampir semua elemen adiktif terdapat di dalam makanan cepat saji seperti lemak, gula, keju, garam, dan kasein. Hal ini bisa menyebabkan kecanduan makanan berat yang cukup sulit untuk diatasi.