Bermain dengan anak tidak saja merangsang anak lebih lincah dan terampil dalam melatih motorik halus dan kasar, tapi juga mendorong interaksi, emosi juga value transfer.

"Bermain penting sekali untuk memperkenalkan nilai positif terutama pengembangan karakter di awal usai perkembangan," kata Fabiola Priscillia Setyawan MPsi, psikolog Anak dari Klinik Pela 9 Bintaro saat talkshow peluncuran Bebegames di Gandaria City, Sabtu (9/6/2012).

Di samping itu bermanfaat untuk pengenalan nilai-nilai positif seperti saling menghargai, sportif, toleransi, tidak mudah menyerah, semangat kerjasama dan pertemanan.

Ia mencontohkan saat si kecil mencoba lari atletik dengan ada rintangan dan harus melompat. Nah, karena di garis finish ada ibunya maka akan berjuang secara keras untuk sampai ke finish dan tidak akan menyerah.

"Ketika berhasil menjadi juara, tentu membuatnya bangga dan lebih percaya diri meski sebenarnya bukan menang atau kalah yang menjadi tujuannya tapi rasa senang bermain dan baginya selalu menjadi juara di hati ibunya," katanya.

Fabi menyarankan, ketika bermain dengan anak juga melibatkan sang ayah sehingga si kecil merasa dicintai, merasa dihargai sehingga di masa datang menjadi pribadi yang percaya diri