Bagaimana Hypnotherapy dapat berguna bagi anak-anak? Banyak sekali, lebih dari yang dapat kita bayangkan. Hypnotherapy dapat membantu :
untuk menghilangkan kebiasaan masa kecil yang berlanjut, seperti ngompol, menghisap jempol, dll.
membantu kebiasaan belajar yang baik, meningkatkan konsentrasi dan kemampuan belajar, meningkatkan motivasi, kreativitas, dan penghargaan terhadap diri sendiri.
dapat menghilangkan potensi kerusakan secara psikologis yang mungkin ditimbulkan oleh kesalahpengertian kata-kata dari orang tua atau lingkungan di sekitar anak tersebut.

Anak- anak memiliki personalitas dan karakter yang unik, seperti halnya orang dewasa. Mereka juga memberikan tanggapan terhadap komentar dari figur yang memiliki otoritas atas mereka, dengan cara mereka sendiri. Sebagai contoh, ada orang tua yang mungkin melihat raport anaknya dengan nilai-nilai yang buruk, dan mencoba suatu pendekatan yang kita sebut sebagai ”reverse psychology” (psikologi terbalik) untuk memotivasi anaknya. Orang tua tersebut mungkin akan mengatakan sesuatu seperti ”saya tidak percaya bahwa anak saya bodoh”. Jika anak dari orang tua tersebut memiliki kepercayaan diri yang cukup tinggi, perkataan itu justru memprovokasi mereka untuk mencoba lebih giat lagi; sebaliknya, jika anak tersebut memiliki sifat insecure, maka komentar tersebut akan membuat mereka percaya bahwa mereka benar-benar bodoh, atau lebih buruk lagi, bahwa orang tuanya (ayah atau ibunya) tidak mencintai mereka. Hal ini terjadi di dalam pikiran bawah sadar sang anak, yang dapat aktif dengan segera maupun menunggu waktu yang tepat untuk mulai merusak kehidupannya.

Hypnotherapy dapat membantu seorang anak untuk mengerti apa yang sebenarnya dimaksud, dan mencegah terjadinya kesalahpahaman yang dapat menyebabkan luka emosional yang akan membatasi perkembangan personal atau performanya dalam kehidupan.

Saat mereka mengembangkan durasi perhatian yang cukup, seorang anak sangat mudah memasuki kondisi hypnosis. Seorang anak menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bermain games dan memasuki dunia fantasi atau pengalaman dalan berpura-pura; yang kemudian mereka masuk secara total kedalamnya. Karena alasan ini, permainan dapat merupakan metode yang sangat baik untuk menerapkan sugesti yang bersifat terapetic. ( dari berbagai sumber )