Kita pasti sering mendengar tentang hipnotis. Seperti yang seringkali ditayangkan di televisi, hipnotis disebut juga dengan sugesti. orang yang dihipnotis akan mengikuti apa yang disugestikan padanya. metode seperti ini juga bisa diberikan pada anak lho, moms. metode pengasuhan anak dengan memberikan sugesti positif disebut Hypnoparenting.

Hypnoparenting sebenarnya adalah teknik mengtasuh anak dengan menggunakan hypnosis atau hypnotherapy. orang tua diajak memasukkan informasi ke dalam pikiran anak secara berulang-ulang dengan bahasa yang positif, sehingga masuk ke alam bawah sadar anak. dengan metode ini, diharapkan anak akan berperilaku positif dan memiliki kepribadian yang baik sesuai dengan yang disugestikan.

Dalam metode ini, penggunaan kata-kata yang positif sangat besar perannya. Maka dari itu, yang perlu dilakukan orang tua adalah menggunakan bahasa positif dan bukan negatif. misalnya, mengatakan "ayo, jangan malas" secara berulang-ulang justru akan membuat kata "malas" lebih tersugesti. Lebih baik menggunakan kalimat "Ayo, yang rajin biar pintar." dengan kalimat ini sugesti rajin dan pintar akan menginternal dalam pikiran anak. Contoh lainnya adalah:

1. "Rita sayang, ayo kita belajar jalan lagi. Rita pasti bisa. Rita kan anak yang berani dan pintar." lebih baik daripada "Rita,jangan takut dong. kapan bisa jalan kalau terus-terusan takut?"

2. "Sasa, nanti malam kalau mau pipis ke kamar mandi ya. atau bangunin mama aja sayang. sasa pasti bisa menahan pipis. ok sayang?" lebih baik daripada "Sasa kamu kok ngompol terus sih. nggak bisa ya kalo kamu nggak ngompol lagi?"

3. "Rizky, udah siang ni. waktunya makan. makan yang banyak ya, bias makin cerdas, kuat, dan sehat." lebih baik daripada "Rizky ayo makan siang. nanti kalo nggak mau makan jadi kurus, jelek, terus ntar sakit lho.

4. "Tita, kita belajar menulis lagi yok. mama mau liat Tita menulis yang bagus lagi. kemarin sudah bagus, sekarang pasti lebih bagus." lebih baik daripada "Tita, ayo latihan menulis lagi. tapi mama ga mau lho ya kalo jelek kaya kemarin."

jadi, para orangtua akan sangat menentukan dan membentuk anaknya. seperti yang dikatakan orang bijak, seorang anak lahir seperti kertas putih, orang lainlah yang memberikan warna dan tulisan atasnya. buat mereka berpikir mereka bisa, maka mereka akan bisa. selamat mencoba moms...