referensi : http://balitasmart.com/2011/05/hindari-memberikan-air-putih-pada-bayi-anda/

Kebiasaan memberikan air putih kepada bayi ternnyata tersimpan bahaya yang dapat mengancam si bayi, terutama bayi di bawah 6 bulan. Air putih memang bermanfaat untuk kesehatan anak-anak dan orang dewasa, tetapi tidak untuk bayi.

Menurut salah satu dokter dari Rumah Sakit Sari Asih Serang, “Pemberian air putih tidak disarankan khususnya pada bayi usia < 6 bulan”. Karena pada bayi kurang dari 6 bulan, pemberian ASI ekslusif sudah cukup memenuhi kebutuhan gizi bayi yang sudah sesuai dengan perkembangannya.

Ada 3 alsan kenapa pemberian air putih pada bayi itu dilarang:

Kebutuhan gizi tidak terpenuhi: Pada saat bayi menangis, tak jarang si ibu mengira bawha si bayi nya laper, padahal tidak semua bayi yang menangis itu karena laper, bisa juga karena bayi tersebut Buang Air Besar, kurang nyaman atau lainnya. Pada saat bayi menangis tak jarang si ibu langsung memberikan air putih. Bayi yang di beri air putih setiap menangis akan merasa kenyang, sehingga pada saat bayi waktunya minum susu si bayi sudah tidak nafsu. Akibatnnya asupan gizi dalam tubuh akan menurun.
Ginal bisa rusak : Organ yang langsung berhubungan dengan metabolisme cairan adalah ginjal. Pada bayi usia <6 bulan, semua organ belum berfungsi dengan sempurna. Jadi jika bayi diberi air putih, ada kemungkinan ginjalnya belum bisa menyaring cairan tersebut, kecuali ASI. Hal ini dapat menyebabkan tubuh si bayi mengandung air yang berlebih sehingga dapat menyebabkan bayi keracunan air.
Keracunan air : Dengan memberikan air putih yang dapat menyebabkan kelebihan air pada tubuh bayi, dapat menyebabkan kandungan elektrolit dalam darah jadi tidak seimbang. Kelebihan cairan tersebut dapat melarutkan sodium dalam darah dan akan dikeluarkan tubuh, sehingga kadar sodium menjadi rendah yang dapat memengaruhi aktivitas otak. Awalnya ditandai dengan iritabilitas, mengantuk gejala penurunan kesadaran lainnya yang kadang luput dari kewaspadaan orang tua. Gejala lainnya bisa menyebabkan penurunan suhu tubuh bayi, bengkak di sekitar wajah dan jika dibiarkan dapat menjadi kejang.

Air Putih Boleh Di Berikan Pada Bayi Usia > 6 Bulan

Setelah bayi berusia lebih dari 6 bulan, air putih boleh di berikan. Dimana di usia ini bayi sudah mulai dikenalkan sama MPASI (Makanan Pendamping Asi). Karena pada usia ini organ bayi di anggap sudah siap untuk mencerna makanan yang masuk ke tubuh si bayi.

Meskipun bayi sudah bisa diberi air putih pada usia di atas 6 bulan tetap harus ada aturannya. Pemberian air putih ini cukup berkisar 1 sendok makan setiap pemberiannya. Dan sebaiknya jangan memberikan air putih menggunakan dot/atau botol susu, berikanlah menggunakan sendok makan saja. Sehingga si ibu bisa mengontrol berapa banyak air putih yang sudah di berikan ke bada bayi tersebut.