Air Susu Ibu atau yang biasa kita kenal dengan sebutan ASI merupakan sebuah anugerah luar biasa yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa terhadap seorang ibu. Kehebatan ASI diantaranya adalah mengandung unsur-unsur penting seperti asam folat yang berguna bagi perkembangan kecerdasan otak bayi dan membentuk imunisasi alami bagi bayi. Anak yang mendapatkan asupan ASI yang cukup semasa bayi akan merasakan manfaat ASI terhadap peningkatan kualitas otak dan kualitas ketahanan tubuhnya terhadap penyakit.

Sebaiknya, bayi mendapatkan asupan ASI secara eksklusif selama setengah tahun awal kelahirannya dan selanjutnya ASI bisa diselingi dengan susu formula maupun makanan lain sampai bayi berusia dua tahun. Manfaat ASI selain berguna pada bayi juga berguna pada ibu, pemberian ASI yang rutin oleh ibu menurut medis mampu mencegah kanker payudara dan mampu membatasi jarak kelahiran yang terlalu dekat antara satu anak dengan anak yang lain.

Ibu tidak perlu merasa cemas dengan penampilan payudara karena memberikan ASI pada bayi. Payudara tidak akan kendur karena terus memberikan ASI pada bayi. Kelenjar payudara yang membengkak karena dipenuhi air susu memang seharusnya dipergunakan. Malah akan berakibat fatal apabila kelenjar payudara tersebut tetap dibiarkan membengkak.

Kehebatan ASI selain memberikan asupan gizi yang cukup bagi otak dan ketahanan tubuh bayi, ternyata juga mampu membangun hubungan emosi antara ibu dan anak. Anak yang mendapatkan asupan ASI yang cukup akan merasa lebih dekat dengan ibu dibandingkan anak yang kurang atau tidak mendapat asupan ASI sama sekali. Pemberian ASI oleh ibu merupakan wujud cinta kasih yang benar-benar dirasakan anak secara langsung dan sebagai bentuk ikatan batin yang dibangun ibu terhadap sang anak.

Begitu luar biasa kehebatan ASI dengan banyak manfaat yang diberikannya. Semoga para ibu menyadari dan tahu betul keistimewaan ASI sehingga tidak menyepelekan pemberian ASI bagi buah hati mereka.