Bunda, bagi si kecil yang udah masuk skul saatnya bunda bikinin bekal buat si kecil, selain sehat pasti kaya gizi bund, coz ga rela nich si kecil jajan sembarangan di luar...Bunda, aktifnya balita di sekolah harus diseimbangi dengan bekal yang bergizi, agar ia tetap prima dan tidak lemas. Seperti, sandwich roti gandum dengan isi telur, jamur, keju, dan sayur. Yuk, kita ulik kandungan salah satu inspirasi bekal si balita: Sandwich Telur- Keju-Sayur.

Roti Gandum (2 lembar)
Manfaat: sumber energi utama. Di dalam tubuh, roti gandum "dibakar" perlahan sehingga membuat si kecil kenyang lebih lama. Roti gandum mengandung vitamin B kompleks untuk metabolisme energi, serat untuk menstabilkan kadar gula darah sehingga energi bertahan lebih lama dan zat besi yang bertugas membawa oksigen. Kalori: 80 kalori.

Telur (0,5 hingga 1 butir)
Manfaat: sumber protein untuk membangun, memperbaiki sel dan jaringan tubuh serta meningkatkan imunitas, serta lemak yang memberi energi tahan lama. Telur juga mengandung sembilan asam amino esensial, vitamin A, B D, zat besi, serta seng untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan penyembuhan luka. Kalori: 40-80 kalori.

Keju Cheddar (satu lembar)
Manfaat: semua jenis keju mengandung kalsium, fosfor dan vitamin D untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang penting bagi pertumbuhan tulang dan gigi. Protein dalam keju juga menguatkan otot. Sementara riboflavin dan folat membantu proses metabolisme zat-zat gizi. Kalori: 60 kalori.
Tip: Agar sisa keju tidak keras saat digunakan kembali, oles ujung-ujungnya dengan mentega sebelum disimpan di kulkas.

Tomat (2 iris)
Manfaat: Tomat yang sudah diolah dengan pemanasan (jangan gunakan alat masak alumunium) dan dibubuhi minyak, memiliki kandungan likopen yang tinggi sebagai antioksidan untuk melawan paparan radikal bebas dan membentengi anak dari berbagai jenis penyakit. Selain itu, tomat juga sumber beta karoten, vitamin C, serta kaya akan kalium yang baik untuk kesehatan pembuluh darah. Kalori: 5 kalori.

Jamur Kancing (50 gram)
Manfaat: mencegah anemia lewat kandungan vitamin B12 yang jarang ada di sayuran lain. Jamur juga kaya hyskon, amilase dan polipeptida (jenis-jenis protein) yang penting untuk pertumbuhan. Jamur kancing meningkatkan imunitas tubuh agar anak dia tidak mudah sakit flu. Kalori: 7 kalori.
Tip: untuk membersihkan jamur segar, cuci sebentar lalu lap dengan tisu agar tidak merusak rasa dan tekstur. Potong-potong saat akan digunakan agar warnanya tidak kecokelatan.

Selada (5 gr)
Manfaat: seratnya tinggi, membantu pencernaan dan mencegah sembelit yang sering dialami anak. Juga mengandung antioksidan untuk mencegah pembentukan sel kanker, serta mengandung vitamin C, kalium, folat dan beta karoten. Selada dengan warna hijau tua lebih kaya beta karoten. Kalori: 5 kalori.

Apel (1/2 butir)
Manfaat: camilan sehat karena menjauhkan anak dari flu. Vitamin C-nya membantu penyerapan zat besi agar tubuh terhindar dari anemia. Bila dimakan bersama kulitnya, melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Beri perasan jeruk lemon agar warnanya tidak berubah kecokelatan. Kalori: 40 kalori.

Susu (1 kotak kemasan)
Manfaat: mengandung protein dan lemak, sumber energi sekaligus kalsium untuk kesehatan tulang. Susu diperlukan untuk pertumbuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kalori: 140 kalori.

Berikan variasi bekal seminggu untuk balita prasekolah Anda, agar ia tidak bosan. Berikut contoh bekal makan balita prasekolah yang bergizi:
Senin: roti gandum isi telur, keju, tomat, selada + buah apel + susu UHT.
Selasa: kentang tumbuk campur brokoli dan ayam rebus suwir + anggur + susu UHT.
Rabu: sereal + potongan buah + susu UHT.
Kamis: nasi dengan telur dadar isi wortel, kacang polong, bawang bombay + jeruk + susu UHT.
Jumat: spageti dengan daging cincang dan keju parut + semangka + susu UHT.

semoga bermanfaat bunda.....:))