Setiap anak py metode yg berbeda ketika belajar. Ada baiknya kita mengenali terlbih dahulu spt apa cara yg disukai anak kita, agar anak semakin senang belajar. Ada yg tipe visual, auditori, dan kinestetik, serta menggabungkan beberapa diantanya.

Visual (belajar dengan cara melihat)
Lirikan ke atas bila berbicara, berbicara dengan cepat. Anak yang bergaya belajar visual, yang memegang peranan penting adalah mata/penglihatan (visual), dalam hal ini metode pengajaran yang digunakan sebaiknya lebih banyak pada peragaan/media, ajak mereka ke obyek-obyek yang berkaitan dengan pelajaran tersebut, atau dengan cara menunjukkan alat peraganya langsung atau menggambarkannya di papan tulis. Anak yang mempunyai gaya belajar visual harus melihat bahasa tubuh dan ekspresi muka yg mengajarinya untuk mengerti materi pelajaran. Mereka cenderung untuk duduk di depan agar dapat melihat dengan jelas. Mereka berpikir menggunakan gambar-gambar di otak mereka dan belajar lebih cepat dengan menggunakan tampilan-tampilan visual, seperti diagram, buku pelajaran bergambar, dan video. Di dalam kelas, anak visual lebih suka mencatat sampai detil-detilnya untuk mendapatkan informasi.
Ciri-ciri gaya belajar visual :
• Bicara agak cepat
• Mementingkan penampilan dalam berpakaian/presentasi
• Tidak mudah terganggu oleh keributan
• Mengingat yang dilihat, dari pada yang didengar
• Lebih suka membaca dari pada dibacakan
• Pembaca cepat dan tekun
• Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan, tapi tidak pandai memilih kata-kata
• Lebih suka melakukan demonstrasi dari pada pidato
• Lebih suka musik dari pada seni
• Mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal kecuali jika ditulis, dan seringkali minta bantuan orang untuk mengulanginya
Strategi untuk mempermudah proses belajar anak visual :
• Gunakan materi visual seperti, gambar-gambar, diagram dan peta.
• Gunakan warna untuk menghilite hal-hal penting.
• Ajak anak untuk membaca buku-buku berilustrasi.
• Gunakan multi-media (contohnya: komputer dan video).
• Ajak anak untuk mencoba mengilustrasikan ide-idenya ke dalam gambar.