»
Mengetahui bahwa dia anak asuh

Tidak ada salahnya jika Anda perlahan memberitahu anak mengenai statusnya. Hal ini memang cukup sulit, karena jika Anda dan pasangan menyampaikannya dengan cara salah bisa melukai hatinya serta membuat rasa percaya dirinya turun.

»Ketakutan
Anak yang diadopsi suatu saat akan merasa takut diabaikan oleh orangtua asuhnya. Sebagai orang tuanya, Anda tentu bertanggungjawab akan segala hal dalam pertumbuhannya. Atasi masalah ini dengan terus meyakinkan dan menunjukkan bahwa Anda menyayanginya serta tidak akan meninggalkannya

»Ingin mengetahui orangtua kandungnya
Saat anak sudah tumbuh dewasa dan telah cukup mengerti dengan keadaannya, tentu ingin mengetahui siapa orangtua kandungnya. Proses pencarian orangtua kandungnya ini pun cukup sulit sehingga bisa menimbulkan kekecewaan pada sang anak ketika gagal menemukannya. Sebagai orangtua yang sudah mengurusnya, lebih baik berlapang dada ketika anak ingin mencari informasi seputar orangtua kandungnya. Dan ketika anak tidak menemukan orangtua kandungnya, tetaplah berada di sisinya, menunjukkan bahwa dia tidak sendirian.

Semua hal negatif yang mungkin muncul dari
efek adopsi anak tentu bisa diatasi dengan baik. Salah satu hal yang terpenting adalah untuk menjaga perasaan sang anak dan membuatnya benar-benar berada di tengah keluarganya sendiri.