Dok, apakah pembesaran kelenjar di leher anak saya adalah kanker?
dr.M.Aisyi,SpA
RS Kanker Dharmais Pusat Kanker Nasional, RS Sari ASih Ciputat

Pertanyaan tersebut sering terlontar manakala orang tua pasien datang ke tempat praktek dokter. Memang kanker pada saat awal sulit dikenali tetapi mudah diobati, tetapi pada saat kanker sudah stadium lanjut maka Kanker lebih mudah dikenali namun sulit diobati. Bagaimana memperkirakan suatu benjolan adalah kanker ada...lah suatu pertanyaan besar bukan saja bagi orang tua namun juga bagi tenaga kesehatan.
Kanker dapat mengenai bukan saja orang dewasa tetapi juga anak. Kok bisa Dok?.. nah disinilah pangkal masalahnya, penyebab Kanker pada anak umumnya belum diketahui sehingga kanker pada anak tidak dapat dicegah. Jadi apa yang bisa kita lakukan? .. meningkatkan kewaspadaan terhadap adanya kanker adalah suatu langkah yg amat penting dalam menanggulangi kanker pada anak.

Secara umum memang lesi-lesi jinak lebih banyak dibandingkan dengan insidens keganasan, yg jadi masalah adalah bagaimana kita mencurigai suatu benjolan merupakan keganasan atau infeksi tanpa menyebabkan keterlambatan dan juga tanpa melakukan sejumlah biopsi pada kasus yg tidak memerlukannya . Berikut adalah tips-tips bagaimana memperkirakan suatu benjolan yang merupakan pembesaran kelenjar getah bening adalah suatu proses keganasan atau karena penyebab lain.

Ukuran
Pada pemeriksaan yg teliti tidak jarang menemukan benjolan kecil pada org normal. Limfadenopati yg bermakna didefinisikan sebagai 1 cm atau lebih pada org dewasa dan 2 cm atau lebih pada anak.

Umur
Anak cenderung memiliki limfadenopati yg lebih menonjol dibanding org dewasa. Secara umum adanya benjolan pada orang dewasa lebih mengkhawatirkan dibanding adanya benjolan pada anak. Penyebab limfadenopati juga bervariasi menurut usia. Risiko keganasan lebih tinggi pada org dewasa dibanding anak atau remaja. Metastasis kanker merupakan hal yg jarang ditemukan pada anak namun merupakan penyebab umum limfadenopati pada dewasa. Pada anak benjolan lebih dari 2 cm, foto rontgen yg abnormal, berat badan turun atau keringat malam merupakan sejumlah indikasi utk mempertimbangkan biopsi. Jika tidak ada gejala dan tanda seperti di atas, kecil kemungkinan kelainan pada kelenjar getah bening tersebut merupakan hal yang serius.