Bunda,

Saya punya masalah yang sampai saat ini masih berlangsung, jujur mungkin ini kesalahan saya dan suami yang terlalu memanjakan anak karena sejak kecil anak kami jarang kami latih untuk bangun pergi pipis ke toilet ( membangungkan ayah dan bundanya jika mau pipis ) sehingga sampai Ogya memasuki usia mau 5 thn ini masih suka ngompol.

Awalnya saya dan suami tidak pernah membiasakan tuk melatih agar Ogya bangun saat mau pipis karena anak kami termasuk anak yg sulit tidur lagi apabila waktu tidurnya kita ambil.
pernah suatu ketika saat saya lihat tidurnya mulai gelisah, saya yakin dia mo pipis lalu saya coba berbicara pelan pdanya " anak bunda mo pipis? yuk pipis yuk bunda gendong ya? " itu susahnya minta ampun, antara mau tdk mau akhirnya saya gendong ke kamar mandi.. dia merasa tidurnya terganggu lalu menangis dan akhirnya bangun.

Semenjak kejadian itu, saya dan suami jd sedikit dilema bagaimana caranya?
disatu sisi saya ingin membiasakan agar dia ga males bangun tuk pipis tapi disatu sisi saya takut tidurnya terganggu krn dia suka susah tidur lagi klu sdh terbangun dan saya takut berefek pd kecerdasannya
karena saya pernah baca bahwa " KUALITAS TIDUR BAYI MENENTUKAN DAYA INTELEGEN NYA JUGA " jd saya sedikit DILEMA :(

mungkin bs dibantu Bunda... solusi dan caranya

Terima kasih banyak

Wassalam
Bunda Ogya