Selain meningkatkan amal ibadah, bulan puasa juga menjadi momen yang tepat untuk memberikan kesempatan beristirahat pada tubuh kita. Saat berpuasa, sistem-sistem pencernaan beristirahat sejenak dari tugasnya sehingga tubuh dapat membersihkan racun-racun yang terkumpul dari makanan yang tidak tercerna.

Puasa juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah gangguan lainnya pada tubuh. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, berpuasa bukan hambatan untuk tetap melakukannya. Berikut beberapa tips bagi Anda yang sedang atau ingin melakukan diet saat berpuasa.

Atur Menu Makan

Selalu konsumsi makanan yang bergizi, baik saat sahur maupun berbuka. Walau sederhana, menu yang disajikan sebaiknya tetap sesuai dengan empat sehat lima sempurna. Untuk menghindari rasa lapar, perbanyaklah makan makanan berserat seperti sayur dan buah.

Jaga Pola Makan

Hal pertama yang pasti dirasakan saat bulan puasa adalah perubahan pola makan. Bila sehari-hari kita terbiasa makan besar saat sarapan dan makan siang, di bulan Ramadhan kita makan saat sahur dan berbuka. Asupan makanan dan cairan ke dalam tubuh menjadi sangat terbatas. Untuk tetap fit berpuasa, konsumsi air putih secukupnya terutama saat sahur.