Di Balik Kenikmatan Minuman Bersoda
Seperti yang kita ketahui anak-anak sangat menyukai jajanan, salah satunya adalah minuman bersoda. Banyak sekali jenis minuman yang di jual di pasaran, ada yang rasa original dan rasa buah-buahan. Menurut penelitian terlalu sering minum minuman bersoda dapat mempengaruhi kesehatan. Tak jarang anak yang sering minum-minuman bersoda mengalami radang tenggorokan, perih lambung, kembung, mual dan melilit, bahkan ada yang sampai harus di rawat di rumah sakit.
Tubuh memang memerlukan cairan tetapi hindarilah minuman bersoda, karena minuman ini tidak memiliki kandungan gizi yang tinggi di dalamnya. Untuk itu kita sebagai orang tua harus membatasi dan menerapkan kebijakan mengkonsumsi minuman bersoda dari sekarang.
Resiko gangguan kesehatan yang mungkin bisa timbul karena terlalu banyak minum minuman bersoda, seperti ganguan ginjal, diabetes, obesitas, resiko kanker pankreas, menyebabkan osteoporosis, memicu penyakit mag, mengacaukan sisitem pencernaan.
Berikut ada tips untuk membatasi anak-anak mengkonsumsi minuman bersoda:
• Buat kesepakatan : Buatlah kebijakan bahwa anak tidak boleh setiap hari minum minuman bersoda, tentukan kapan ia boleh minum minunam bersoda tersebut, misalnya dalam satu minggu hanya boleh satu kali saja.
• Jangan kebanyakan : Selain mengandung gula dan CO2 yang tinggi, minuman bersoda juga mengandung pemanis buatan, pewarna, pecita rasa, dan lainnya. Bahan-bahan ini sebenarnya tidak dibuthkan oleh tubuh, karena dikhawatirkan akan dapat menggangu kesehatan anak jika sudah menumpuk. Jadi sebaiknya sekali minum hanya satu kaleng atau satu botol saja.
• Jelaskan kandungannya : Jelaskan pada anak dengan bahasa yang mudah di mengerti. Misalnya, “kalau ade sering minum minuman bersoda, nanti perut ade bisa sakit, ade bisa batuk karena iritasi.” Pada orang dewasa efek yang ditimbulkan bisa lebih serius karena bisa menyebabkan sakit ginjal, jantung, diabetes, kegemukan dan lainnya.
• Jangan menyimpan stok di rumah : Jangan membiasakan menyimpan stok minuman di rumah.
• Alihkan ke minuman sehat : Kita dapat mengalihkan minum bersoda dengan memberikan anak minuman lain seperti jus atau sari buah yang tidak dicampur gula yang mengandung vitamin dan serat.