Dapur adalah jantung sebuah rumah. Dapur yang bersih dan rapi akan membantu Anda menyajikan makanan terbaik bagi keluarga.

Anda yang setiap hari memasak tentu menyimpan berbagai jenis bumbu dan bahan masakan di dapur. Jika tak sering dibersihkan dan ditata ulang, bisa-bisa dapur jadi kotor dan berantakan, acara memasak pun jadi tak nyaman, kan?



Beli Bahan Segar

Saat belanja sayur mayur, ingatlah bahwa kesegaran adalah hal yang terpenting. Maka, belilah sayuran seperlunya saja, misalnya dalam jumlah kecil dan dua hari sekali lebih baik daripada belanja banyak sayuran satu kali seminggu. Sayuran beku juga sangat praktis dan nutrisinya tak berkurang.

Pisahkan tempat penyimpanan sayuran menurut jenisnya. Contohnya, kelompokkan sayuran yang membutuhkan kadar kelembaban rendah seperti selada, bayam dan daun bawang, taruh di salah satu sisi lemari es. Jangan jadikan satu dengan kelompok bunga kol, asparagus dan seledri. Kentang, terong, mentimun dan labu-labuan malah tak bagus disimpan dalam tempat dingin. Simpan jenis sayuran ini di rak bawah lemari es atau di tempat sejuk dan kering. Jika sayuran menunjukkan tanda-tanda telah busuk. Buang segera bagian yang membusuk sebelum tersebar.



Empat Pojok Fungsional

Dengan pojok perkakas, pojok persiapan memasak, pojok makanan dan pojok memasak, dapur lebih fungsional. Simak penjelasan berikut:



1. Pojok Peralatan Makan

Tak jarang, dapur terlihat berantakan karena tempat penyimpanan yang salah. Maka, kelompokkan peralatan makan sehari-hari seperti piring, gelas, sendok dan garpu di dekat wastafel atau mesin pencuci piring.
Alhasil, kegiatan cuci-mencuci perkakas makan jadi praktis dan dekat dengan jangkauan.
Apabila tak ada acara khusus, kebanyakan rumah tangga hanya menggunakan satu set peralatan makan. Jika Anda memiliki beberapa set peralatan makan, simpanlah sisanya di dalam lemari. Rapikan rak piring sehingga pengambilannya mudah dan tak terlalu mengubah tatanannya. Misalnya, letakkan piring dan mangkuk di rak yang berbeda, jadi Anda tak perlu mengangkat mangkuk untuk mengambil piring.


2. Pojok Persiapan Memasak

Saat memasak, Anda tentu membutuhkan ruangan untuk memotong, mengiris dan mencampur bumbu-bumbu dan sayuran yang sudah dipotong. Ambil ruangan yang paling luas di dapur Anda. Di pojok ini, letakkan peralatan memasak sehari hari. Ini akan memudahkan Anda saat mempersiapkan masakan favorit.
Apabila Anda tak memiliki cukup ruangan untuk peralatan ini, pasang rak tambahan di pintu dalam lemari dapur untuk tempat penyimpanan ekstra.
Siapkan wadah-wadah kecil untuk masing-masing bumbu dan tumpuklah wadah-wadah bumbu yang memiliki tipe sama. Anda bisa menyimpan buku resep masakan Anda di pojok ini.


3. Pojok Makanan

Agar anak Anda tak jajan sembarangan di warung, akan lebih baik jika Anda menyiapkan camilan sehat di rumah yang disimpan di Pojok Makanan. Idealnya berupa sebuah lemari atau rak yang diletakkan di samping lemari es. Simpan makanan kaleng, makanan dalam kotak, sereal, kecap, atau saos botolan, selai dan roti di tempat ini. Dengan seluruh makanan Anda dalam satu tempat, membuat kudapan sehat di rumah jadi lebih mudah.

Jika rak dalam lemari Anda saat ini menyisakan ruangan di bagian atasnya, pasang rak kawat guna menambah ruang simpan ekstra. Yang tak kalah membantu, simpan makanan sesuai kategori.


4. Pojok Memasak

Sangat penting Anda merasa nyaman memasak di dapur Anda sendiri.
Karenanya, tata rapi peralatan memasak Anda di Pojok Memasak yang berada di dekat kompor dan oven.
Simpan panci dan wajan besar di lemari terbawah. Untuk memaksimalkan ruangan, Anda juga bisa menggunakan gantungan di dinding atau langit-langit untuk panci dan wajan yang lebih ringan. Gunakan bagian atas lemari untuk menyimpan peralatan memanggang seperti loyang.
Dengan sistem empat pojok ini, Anda akan lebih menikmati waktu memasak setiap hari.

Tabloidnova