Ketika Anda sedang berhadapan dengan kondisi anak yang sakit, cobalah untuk tidak panik. Hubungi dokter anak Anda dan katakan padanya apa yang Anda amati dari Anak. Jika Anda tidak bisa mendapatkan informasi dari dokter anak berikut beberapa panduan untuk membantu Anda.

Demam: segera cari perawatan saat suhu melebihi 38 derajat celcius pada bayi usia 2 bulan atau lebih muda.Demam memerlukan perawatan yang mendesak ketika disertai dengan perubahan perilaku, seperti lesu atau menangis ketika Anda memindahkan lehernya.

Menangis: bayi yang menangis nonstop bisa menjadi misteri. Bayi yang mengalami kolik bisa berteriak selama berjam-jam tanpa risiko. Kebanyakan bayi akan merasa lebih nyaman saat dipeluk dan ditimang-timang. Namun, menangis bisa merupakan gejala serius jika disertai perubahan perilaku ketika Anda mengangkat bayi.

Muntah: Seringkali orangtua khawatir bayinya dehidrasi dan mencoba untuk memberi makan bayi terlalu banyak dan terlalu cepat. Berikan bayi Anda satu ons Pedialyte (minuman khusus bayi) setiap 30 sampai 60 menit. Jika dia menunjukkan gejala yang berkaitan dengan perilaku dan pernapasan berarti bayi Anda perlu perhatian medis segera. Jika muntahan bayi Anda berwarna hijau itu tanda bahaya.

Kesulitan bernapas: Jangan khawatir tentang hidung tersumbat jika bisa dibersihkan dengan aspirator. Tapi jika bayi Anda mengi atau membuat suara bernada tinggi saat bernapas, itu gejala serius. Tanda-tanda lain yang berbahaya terutama pada bayi baru lahir: retraksi dada terlihat atau pucat pada kulit.

Cedera dan jatuh: Jika anak Anda mendapat benjolan di kepala, menangis, tetapi masih bertingkah normal, ia mungkin hanya perlu kompres es. Tapi kalau dia muntah, menjadi lesu, tidak bisa menjaga keseimbangan, dan mengeluh sakit perut, maka ada alasan untuk segera pergi ke dokter.