Cermati Asupan Energi Pasca Kelahiran
Berat badan ingin normal kembali. Tapi bagaimana dengan produksi ASI. Idealnya, penurunan berat badan sebaiknya jangan lebih dari 2 kg/bulan.

Yang tak boleh kita lupakan, para bunda yang sedang memberikan ASI eksklusif pasca kelahiran selama 6 bulan, rata-rata membutuhkan tambahan 500 kalori per hari. Peningkatan kebutuhan energi ini diperlukan untuk membantu produksi ASI sebanyak 850 ml per hari, yang setara dengan 700 kalori. Itu sebabnya, para bunda sebaiknya memperbanyak konsumsi zat-zat gizi yang merupakan komponen pembentuk ASI, seperti protein, vitamin C dan kalsium.

Bila bekas lukanya akibat kelahiran sudah sembuh, bisa mulai berolahraga ringan, khususnya jalan kaki 4 kali dalam seminggu, selama 30 menit, pada pagi atau sore hari. Sebagai alternatif jenis olahraga ringan yang dapat Anda lakukan,senam lantai juga baik untuk meningkatkan stamina pasca kelahiran. Caranya, lakukan senam Kegel (seperti menahan buang air kecil sejenak, lalu lepaskan) sambil berbaring telentang di lantai. Kombinasikan senam ini dengan latihan napas sambil mengangkat kedua kaki secara bergantian.

Dengan fisik yang bugar seperti itu, seorang perempuan berpeluang besar untuk menjalani dan menikmati peran barunya sebagai bunda. “Imbalannya”, bayi pun merasa bahagia dan dicintai sang bunda, juga ayahnya. Anda ingin seperti mereka? Tentu bisa!