Kebersihan alat makanan bayi adalah aspek penting dalam menjaga kesehatan bayi dan menjaga agar pertumbuhannya tidak terganggu oleh berbagai kuman penyakit di sekitarnya apalagi ini berkaitan dengan alat makannya.
Untuk itu, ada beberapa cara mencuci alat makan bayi sehingga tetap bersih dan aman untu dipakai oleh bayi anda.
Pertama, anda dapat merebusnya terlebih dahulu di dalam air mendidih dan pastikan alat-alat tersebut terendam dengan sempurna di dalam air rebusan.
Rebus selama kurang lebih lima menit atau bisa saja lebih, jangan merebusnya terlalu lama karena dikhawatirkan sebagian alat makan tersebut menempel di permukaan panci yang akan membuatnya meleleh dan rusak.
Setelah selesai direbus anda dapat mencucinya dengan sabun lalu dikeringkan. Itu saja, sangat mudah, tapi itu hanya alternative pertama.
Ada alternative kedua yang bisa anda gunakan untuk mecuci alat makan bayi anda yakni dengan cara merendamnya di dalam cairan antiseptic yang tersedia khusus di apotek, antiseptic ini juga biasa digunakan untuk anak mandi.
Adakah alternative lain? Ya, ada lagi, yakni dengan cara mencucinya dengan menggunakan deterjen dengan kuantitas yang cukup banyak dan terlebih dahulu direndam di dalam cairan deterjen agar kuman dan virus mati.
Membersihkan alat makan bayi sangatlah penting agar anda dapat menjaga kesehatan bayi dengan optimal.
Selain itu, karena alat makan bayi adalah saran utama anda untuk memberinya makan, penting juga bagi anda untuk menyimpannya di tempat terpisah dengan peralatan makan orang dewasa, mengapa agar kebersihannya menjadi sangat optimal 100% steril.

Meskipun terdengar berlebihan, tapi menjadi waspada adalah tindakan yang benar dan tidak dilarang selama memberikan perlindundan sempurna bagi bayi anda

Sumber: pakarbayi.com