1. Hentikan kerja untuk sesaat dan jalan-jalan dengan santai. Tujuannya, tiada lain adalah:
* Menghindari hasil kerja yang tidak optimal.
* Menghindari kegagalan kerja.
* Mengurangi tekanan stres.
2. Minum air segar/juice kesukaan. Tujuannya adalah tubuh menjadi segar dan otomatis pula akan menyegarkan pikiran.
3. Bernapas perlahan-lahan. Tujuannya adalah untuk menormalkan “beat” atau detak jantung yang tidak beraturan.
4. Untuk mengatasi nafsu makan, makan makanan kesukaan. Tujuannya adalah agar stamina senantiasa terjaga dengan baik. Stamina yang fit akan berdampak langsung pada kestabilan pikiran.
5. Jika suka musik atau nonton film, bunyikan musik dan pergi nonton film kesukaan. Tujuannya adalah agar terjadi relaksasi pada pikiran sehingga tekanan stres terkikis sedikit demi sedikit.
6. Lakukan apa yang disukai. Tujuannya adalah agar pikiran menjadi segar sehingga tekanan stres sirna perlahan-lahan.
7. Cari hal-hal yang sifatnya humor, lucu atau jenaka. Tujuannya adalah agar pikiran menjadi relaks dan santai sehingga pikiran bisa terfokuskan dengan baik.
8. Berkata kepada diri sendiri:
* Saya tenang.
* Saya santai dan bahagia.
* Saya punya kekuatan untuk mengatasi semua pemasalahan.
* Tubuh, pikiran dan perasaan saya tenang. Tujuannya adalah agar kepercayaan diri meningkat dan semua permasalahan akan semakin mudah ditangani.
9. Lakukan olahraga ringan. Tujuannya adalah agar jasmani menjadi segar dan santai sehingga berdampak konstruktif bagi pikiran. Agar bebas dari stres, kuncinya adalah terima apa adanya, jangan banyak menuntut dan mudah dilayani. Selalu renungkan bahwa apapun yang dimiliki, semuanya adalah pinjaman semata-mata. Setelah kematian datang menjemput, tidak satupun yang bisa dibawa. Di samping itu milikilah rasa puas atas apa yang telah dimiliki dan jangan sekali-kali membanding-bandingkan diri sendiri dengan kelebihan orang lain. Semoga bermanfaat. .