- Bahan Plastik

1.Siapkan air hangat dan campur dengan sabun cuci atau detergen yang lembut di dalam wadah. Aduk hingga air hangat berbusa dan masukkan mainan berbahan plastik ke dalam wadah.

2.Sikat hingga bersih, kemudian bilas dan keringkan menggunakan lap bersih.

- Bahan Kayu

1. Siapkan kertas bekas atau alas untuk menadahi kotoran.

2. Siapkan lap bersih yang dibasahi sedikit dengan air. Lalu lap mainan hingga bersih sampai ke bagian sela-selanya. Jika masih kotor, ulangi beberapa kali hingga mainan benar-benar bersih.

3. Jangan merendam mainan yang terbuat dari kayu atau membasahinya dengan air karena bisa membuat kayu lapuk dan mudah rusak.

4. Keringkan mainan dengan lap kering yang bersih lalu mainan dapat disimpan kembali di tempat yang sejuk atau dalam suhu ruang.

- Bahan Kain Flanel

1. Siapkan air biasa lalu campur dengan sabun cuci di dalam wadah.

2. Aduk hingga air berbusa dan masukkan mainan lalu sikat dengan sikat yang lembut hingga benar-benar bersih. Bilas dan keringkan dengan cara diangin-anginkan.

3. Hindari sinar matahari langsung karena mainan dapat rusak dan warna dapat memudar.

- Bahan Karet

1. Siapkan air hangat dalam wadah dengan campuran detergen atau sabun, lalu masukkan mainan ke dalam wadah.

2. Sikat hingga bersih sampai ke sela-sela.

3. Bilas hingga benar-benar bersih dan tidak berbau detergen atau sabun lagi. Kemudian keringkan dengan lap bersih.

- Boneka Berbulu

1. Jika mainan tidak terlalu kotor, cukup seka dengan air bersih yang hangat ke seluruh bagian tubuh boneka agar bulu-bulunya tidak rontok.

2. Jika dicuci, hindari menggunakan pelembut pakaian dengan tujuan agar bulu-bulu menjadi lembut, bisa membuat rusak bulu-bulu boneka dan warnanya memudar. Bilas hingga benar-benar bersih! Boneka boleh ditekan sedikit agar busanya hilang.

3. Keringkan dengan diangin-anginkan atau menggunakan pengering rambut dengan jarak kurang lebih 30 sentimeter hingga benar-benar kering. Lalu masukkan ke dalam kantung plastik atau letakkan di tempat penyimpanan yang bersih.