Bunda biasanya wanita identik dengan pernik. Pernak-pernik cantik tersebut akan semakin mempesona dengan hadirnya wadah yang tak kalah menarik. Wadah rotan biasanya cukup menjadi pilihan. Untuk Anda yang memiliki keranjang/perabot dari rotan dan sejenisnya,ada cara mudah untuk merawatnya.

Saat perabot rotan bunda menjadi kusam,siapkan air hangat yang dicampur dengan garam. Kemudian sikat anyaman tadi dengan sikat gigi bekas. Jangan lupa juga untuk membersihkan sela-sela rotan agar terlihat bersih sempurna.

Jangan biarkan wadah rotan bunda terkena panas matahari langsung dan air karena akan merusak wadah rotan kesayangan bunda.

Jika bunda tak sengaja menumpahkan cairan pada wadah rotan,segera lap tumpahan air dengan kain bersih sampai kering.

Jangan terlalu sering membersihkan wadah rotan bunda dengan air,karena air dapat membuat vernis atau cat rotan memudar.

Jika bunda melihat lumut atau jamur tumbuh di rotan,segera bersihkan dengan larutan pemutih yang dilarutkan dalam air. Bersihkan dulu dengan penghisap debu,lalu gunakan sikat halus untuk mengangkat kotoran dan lumut tersebut. Cuci dengan larutan pemutih,bilas sampai bersih,kemudian keringkan pada tempat teduh di siang hari. Jauhkan rotan dari tempat yang memungkinkan tumbuhnya lumut atau jamur.

Untuk menghindari rayap,bunda dapat menggunakan larutan kamper (kapur barus) dan minyak tanah. Semprotkan larutan tersebut pada rotan,atau masukkan dalam lubang yang dibuat rayap pada perabot rotan bunda