Lalu bagaimana cara melatihnya?

1. Berkomunikasi
Komunikasi adalah hal yang paling penting dalam proses pembelajaran anak. Dengan berkomunikasi seorang anak bisa mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan yang baru. Selain itu, hal ini juga bisa meningkatkan kedekatan antara orang tua dan anak. Dengan kedekatan tersebut, maka proses “transfer ilmu” dari orang tua kepada anak pun bisa berjalan dengan baik.

2. Mengulang dan mengulang
Mendidik seorang anak memang butuh kesabaran. Mungkin seorang anak akan menanyakan hal yang sama, meskipun kita merasa pernah mengajarkannya. Namun ini adalah proses bagi seorang anak dalam menyerap pengetahuan. Kita tidak perlu dengan marah-marah mengatakan,”Lho… Kemarin kan sudah Papa kasih tahu...” Namun tetaplah menjelaskan dan menjawab apa yang ditanyakan oleh buah hati kita dengan penuh kesabaran. Dengan pengulangan akan menjadi sebuah kebiasaan. Hal ini juga bisa kita terapkan dalam pembentukan moral buah hati kita. Ajarkan anak akan pentingnya berterima kasih, dengan kita banyak mengucapkan terima kasih kepada buah hati dan kepada orang lain, terutama di depan buah hati kita.

3. Variasi gerakan
Variasi gerakan juga bisa meningkatkan kecerdasan anak. Itulah kenapa mengajak anak pergi ke taman bermain sangatlah penting. Hal ini dikarenakan buah hati kita bisa melakukan berbagai macam variasi gerakan dengan menggunakan permainan yang di taman bermain. Mulai dari bergelantungan, merangkak, bermain pasir, berlari, melompat, menanjak dan lain-lain. Hal ini tentunya juga bisa dilakukan di rumah kita sendiri, dengan bimbingan dari orang tua.